Rekomendasi Wisata di Malang yang Harus Dikunjungi

Erupsi Gunung Semeru Tak Berdampak ke Wisata Bromo - Bisnis Liputan6.com
Kota Malang, yang terletak di Jawa Timur, Indonesia, adalah destinasi wisata yang menawarkan kombinasi pesona alam, keindahan sejarah, dan budaya yang kaya. Dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang memesona, Malang telah menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Malang yang harus Anda kunjungi:

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu ikon wisata Indonesia yang terkenal dengan keindahan panorama matahari terbitnya. Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pemandangan kawah yang luas dengan latar belakang Gunung Semeru membuat pengalaman trekking ke Gunung Bromo menjadi tak terlupakan. Wisatawan dapat naik kuda atau berjalan kaki ke puncak untuk menyaksikan matahari terbit yang spektakuler.

2. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo adalah destinasi alam yang menawan dengan air terjun setinggi sekitar 84 meter. Terletak di lereng Gunung Panderman, tempat ini menawarkan suasana yang sejuk dan hijau dengan pemandangan alam yang memukau. Wisatawan dapat menikmati suasana alam sambil berjalan di sekitar area air terjun atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam.

3. Jatim Park 2

Bagi Anda yang bepergian bersama keluarga, Jatim Park 2 adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama. Taman rekreasi ini menawarkan berbagai atraksi, termasuk Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Museum Tubuh. Pengunjung dapat belajar sambil bermain, menjelajahi replika tubuh manusia, dan melihat berbagai hewan dari berbagai belahan dunia.

4. Museum Angkut

Museum Angkut adalah destinasi wisata unik yang menggabungkan koleksi transportasi dari berbagai zaman dengan latar belakang yang sesuai. Wisatawan dapat melihat koleksi mobil klasik, sepeda antik, dan berbagai alat transportasi lainnya di area yang dirancang seperti jalanan klasik. Ini adalah tempat yang sempurna bagi pecinta kendaraan dan sejarah transportasi.

5. Taman Selecta

Taman Selecta adalah taman rekreasi yang menawarkan keindahan alam serta berbagai fasilitas rekreasi seperti kolam renang, permainan, dan taman bunga yang indah. Lokasinya yang teduh dan asri membuatnya menjadi tempat yang populer bagi keluarga dan pasangan untuk bersantai dan menikmati waktu bersama.

6. Alun-Alun Malang

Alun-Alun Malang adalah pusat kota yang ramai dengan kegiatan dan hiburan. Di sini, Anda dapat menemukan Masjid Agung Jami’ Malang yang megah serta bangunan peninggalan Belanda. Alun-Alun juga menawarkan suasana yang nyaman untuk berjalan-jalan, bermain-main dengan keluarga, atau sekadar menikmati kuliner khas Malang di sekitar area ini.

7. Kampung Warna-Warni Jodipan

Jika Anda mencari spot foto yang unik dan kreatif, Kampung Warna-Warni Jodipan adalah tempat yang sempurna. Dengan rumah-rumah yang dicat dengan warna-warni cerah, kampung ini menciptakan latar belakang yang menarik untuk berfoto dan berbagi momen di media sosial.

Kota Malang menawarkan banyak hal yang beragam bagi para wisatawan. Dari keindahan alam yang menakjubkan hingga atraksi rekreasi yang seru, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang sesuai dengan minat dan preferensi Anda di kota ini. Jangan ragu untuk menjadikan Malang sebagai destinasi liburan selanjutnya!

Separuh Wisatawan Taman Rekreasi Selecta Putar Balik Akibat Aturan Batasan  Usia
Biaya Masuk Wisata di Malang

Untuk membantu Anda merencanakan perjalanan wisata ke Malang, berikut ini adalah perkiraan biaya masuk ke beberapa tempat wisata yang telah disebutkan sebelumnya:

1. Gunung Bromo:

  • Biaya masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru: Sekitar Rp 35.000 – Rp 60.000 (tergantung pada kategori wisatawan: lokal, domestik, atau internasional)
  • Biaya sewa jeep untuk melihat matahari terbit: Sekitar Rp 500.000 – Rp 800.000 per jeep (untuk 5 orang)

2. Air Terjun Coban Rondo:

  • Biaya masuk: Sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000 (tergantung pada kategori wisatawan)
  • Parkir: Sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000

3. Jatim Park 2:

  • Harga tiket masuk Jatim Park 2: Sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 (tergantung pada usia dan hari kunjungan)
  • Harga tiket masuk Batu Secret Zoo (termasuk dalam Jatim Park 2): Sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000

4. Museum Angkut:

  • Harga tiket masuk Museum Angkut: Sekitar Rp 100.000 – Rp 120.000 (tergantung pada hari dan kategori wisatawan)
  • Harga tiket masuk Museum D’Topeng Kingdom (termasuk dalam tiket Museum Angkut): Sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000

5. Taman Selecta:

  • Biaya masuk Taman Selecta: Sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000
  • Biaya bermain di wahana dan fasilitas rekreasi bervariasi tergantung aktivitas

6. Alun-Alun Malang:

  • Biaya masuk gratis, namun ada biaya untuk menyewa andong (kereta kuda) atau bermain di permainan yang ada di sekitar alun-alun

7. Kampung Warna-Warni Jodipan:

  • Biaya sumbangan masuk kampung: Sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000

Pastikan untuk memverifikasi harga terbaru sebelum perjalanan Anda, karena harga bisa berubah sewaktu-waktu. Selain biaya masuk, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya transportasi, akomodasi, makanan, dan pengeluaran lainnya selama perjalanan. Dengan merencanakan dengan baik, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman liburan Anda di kota Malang.

Jalur Menuju Wisata di Malang dari Surabaya

Malang merupakan destinasi yang relatif mudah diakses dari Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Berikut adalah beberapa jalur yang dapat Anda ambil untuk mencapai berbagai tempat wisata di Malang dari Surabaya:

  1. Gunung Bromo:
    • Dari Surabaya, Anda dapat naik bus atau travel menuju terminal Probolinggo.
    • Dari terminal Probolinggo, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa jeep atau angkutan lain ke area Gunung Bromo.
  2. Air Terjun Coban Rondo:
    • Dari Surabaya, arahkan perjalanan ke arah Kota Batu di Malang.
    • Air Terjun Coban Rondo berada sekitar 13 km dari Kota Batu. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi online untuk mencapai tempat ini.
  3. Jatim Park 2:
    • Dari Surabaya, Anda bisa naik kereta atau bus menuju Stasiun Malang.
    • Dari Stasiun Malang, Anda dapat menggunakan taksi atau transportasi online ke Jatim Park 2 yang terletak di Kota Batu.
  4. Museum Angkut:
    • Rute menuju Museum Angkut serupa dengan menuju Jatim Park 2.
    • Dari Stasiun Malang, Anda dapat menggunakan taksi atau transportasi online ke Museum Angkut yang berdekatan dengan Jatim Park 2.
  5. Taman Selecta:
    • Rute menuju Taman Selecta juga mirip dengan menuju Museum Angkut dan Jatim Park 2.
    • Anda dapat menggunakan taksi atau transportasi online dari Stasiun Malang ke Taman Selecta.
  6. Alun-Alun Malang:
    • Dari Stasiun Surabaya Gubeng, Anda bisa naik kereta menuju Stasiun Malang.
    • Dari Stasiun Malang, Anda bisa menggunakan taksi, ojek online, atau angkutan umum ke Alun-Alun Malang.
  7. Kampung Warna-Warni Jodipan:
    • Setelah mencapai Alun-Alun Malang, Anda bisa menggunakan taksi atau ojek online untuk mencapai Kampung Warna-Warni Jodipan yang tidak terlalu jauh dari alun-alun.

Pastikan untuk selalu memeriksa jadwal transportasi terbaru dan melakukan penelitian sebelum perjalanan agar Anda bisa merencanakan perjalanan dengan baik. Dengan beberapa pilihan jalur dan transportasi yang tersedia, Anda dapat menyesuaikan perjalanan sesuai dengan preferensi dan kenyamanan Anda.

Tinggalkan Balasan