Rekomendasi Liburan Tak Terlupakan di Batu, Malang


Batu, kota sejuk di Jawa Timur, Indonesia, adalah destinasi liburan yang menawarkan berbagai atraksi wisata menarik. Terkenal dengan iklimnya yang sejuk, pemandangan alam yang indah, dan beragam kegiatan seru, Batu adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan liburan Anda. Artikel ini akan memberikan rekomendasi liburan saat berkunjung ke Batu, Malang, sehingga Anda dapat merencanakan perjalanan tak terlupakan.

  1. Batu Night Spectacular (BNS): Jika Anda mengunjungi Batu, BNS adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Tempat hiburan malam ini menawarkan berbagai wahana permainan, atraksi laser, taman bermain anak-anak, serta pasar malam dengan makanan lezat. BNS menjadi lebih hidup saat malam hari, dan Anda dapat menikmati hiburan yang beragam.
  2. Jatim Park 2: Jatim Park 2 adalah taman rekreasi yang sangat populer dengan berbagai wahana seru dan edukatif. Anda dapat mengunjungi Museum Satwa, Water Park, Eco Green Park, serta berbagai atraksi lain yang cocok untuk keluarga. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bermain sambil belajar.
  3. Coban Rondo Waterfall: Coban Rondo adalah air terjun yang indah terletak di kawasan Batu. Anda dapat menikmati pemandangan indah air terjun dan jembatan gantung. Coban Rondo juga memiliki kawasan rekreasi yang nyaman, sehingga Anda dapat bersantai sambil menikmati alam.
  4. Pemandian Air Panas Cangar: Pemandian Air Panas Cangar adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan meredakan stres. Air panas alami di sini dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan. Selain berendam, Anda dapat menikmati pemandangan indah pegunungan di sekitar.
  5. Museum Angkut: Museum Angkut adalah destinasi wisata yang menarik, terutama bagi penggemar otomotif dan transportasi. Anda dapat menjelajahi berbagai koleksi kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Selain itu, museum ini memiliki area tema yang mengagumkan, seperti Museum Batu Secret Zoo.
  6. Paralayang Batu: Batu dikenal sebagai destinasi paralayang yang populer. Anda dapat mencoba olahraga ini dengan bantuan instruktur berlisensi. Ini adalah cara yang menarik untuk melihat pemandangan Batu dari ketinggian.
  7. Selecta Recreational Park: Selecta adalah taman rekreasi yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda dapat bersantai di taman ini sambil menikmati kolam renang, bermain anak-anak, dan juga menikmati makanan lezat.
  8. Batu Highland Golf & Resort: Untuk pecinta golf, Batu Highland Golf & Resort adalah pilihan yang sempurna. Anda dapat bermain golf sambil menikmati pemandangan pegunungan yang memukau.

Jangan lupa mencicipi kuliner khas Batu, seperti bakso Malang, rujak cingur, dan makanan khas Jawa Timur lainnya selama liburan Anda. Dengan berbagai atraksi wisata menarik dan aktivitas yang bisa dinikmati, Batu, Malang, adalah destinasi liburan yang akan membuat kenangan indah. Segera rencanakan perjalanan Anda ke kota yang penuh pesona ini!


Harga masuk ke destinasi-destinasi wisata di Batu, Malang, dapat bervariasi tergantung pada tempat yang Anda kunjungi, tipe tiket, dan usia Anda. Berikut adalah perkiraan harga masuk ke beberapa destinasi populer di Batu:

  1. Batu Night Spectacular (BNS):
    • Harga masuk BNS berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per orang, tergantung pada hari kunjungan dan jenis wahana yang Anda pilih.
  2. Jatim Park 2:
    • Harga tiket masuk ke Jatim Park 2 berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per orang, tergantung pada tipe tiket dan hari kunjungan. Anak-anak di bawah 2 tahun biasanya masuk gratis.
  3. Coban Rondo Waterfall:
    • Harga tiket masuk ke Coban Rondo adalah sekitar Rp 25.000 per orang, dan biaya parkir sekitar Rp 5.000 per kendaraan.
  4. Pemandian Air Panas Cangar:
    • Harga masuk ke pemandian air panas biasanya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per orang. Biaya parkir biasanya sekitar Rp 5.000 per kendaraan.
  5. Museum Angkut:
    • Harga tiket masuk Museum Angkut berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per orang, tergantung pada tipe tiket dan hari kunjungan. Anak-anak di bawah 3 tahun biasanya masuk gratis.
  6. Paralayang Batu:
    • Harga untuk terbang paralayang berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 700.000 per orang. Biaya ini biasanya termasuk instruktur dan peralatan.
  7. Selecta Recreational Park:
    • Harga masuk ke Selecta Park adalah sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per orang. Harga wahana permainan tambahan mungkin berlaku.
  8. Batu Highland Golf & Resort:
    • Harga bermain golf di sini bervariasi tergantung pada hari dan waktu. Biasanya, harga green fee berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000 atau lebih per orang.

Pastikan untuk memeriksa situs web resmi masing-masing destinasi wisata atau menghubungi mereka langsung untuk mendapatkan informasi harga yang paling akurat dan mengecek apakah ada paket khusus, diskon, atau penawaran khusus yang sedang berlaku. Juga, perhatikan bahwa harga tiket bisa berubah tergantung pada musim kunjungan dan peraturan yang berlaku, jadi pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda dengan baik dan memperkirakan anggaran Anda sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum mengunjungi Batu, Malang, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan:

  1. Rencanakan Jadwal Kunjungan: Buatlah jadwal kunjungan Anda sebelumnya dengan mencatat destinasi yang ingin Anda kunjungi, jam buka, dan harga masuk. Ini akan membantu Anda mengoptimalkan waktu Anda dan memastikan Anda tidak melewatkan tempat-tempat penting.
  2. Pilih Waktu yang Tepat: Pertimbangkan cuaca dan musim kunjungan. Musim panas bisa sangat ramai di Batu, sementara musim hujan mungkin kurang cocok untuk beberapa aktivitas. Pilih waktu yang sesuai dengan preferensi Anda.
  3. Pemesanan dan Reservasi: Jika Anda merencanakan kunjungan ke destinasi yang ramai, seperti Jatim Park 2 atau Batu Night Spectacular, pertimbangkan untuk memesan tiket Anda sebelumnya secara online. Ini akan membantu Anda menghindari antrian panjang.
  4. Perhatikan Jam Operasional: Pastikan Anda tahu jam operasional destinasi yang Anda kunjungi. Beberapa tempat mungkin buka terlambat atau memiliki hari libur tertentu.
  5. Kenakan Pakaian yang Tepat: Batu memiliki iklim yang sejuk, terutama di malam hari. Kenakan pakaian yang nyaman dan bawa jaket atau pakaian hangat untuk malam hari jika diperlukan.
  6. Perhatikan Anggaran Anda: Buat anggaran sebelumnya untuk biaya masuk, makanan, akomodasi, dan kegiatan lainnya. Ini akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran selama liburan.
  7. Packing yang Tepat: Bawa perlengkapan yang sesuai untuk aktivitas yang Anda rencanakan, seperti pakaian renang, alas kaki yang nyaman, dan perlindungan matahari.
  8. Jaga Kebersihan: Selalu bawa tas sampah kecil untuk membuang sampah Anda sendiri dan menjaga kebersihan destinasi wisata.
  9. Hormati Aturan dan Lingkungan: Ikuti aturan dan regulasi di setiap destinasi, termasuk peraturan tentang menjaga kebersihan dan perlindungan lingkungan.
  10. Informasi Transportasi: Pastikan Anda memiliki informasi tentang transportasi yang akan digunakan selama kunjungan Anda, baik itu kendaraan pribadi atau transportasi umum.
  11. Penggunaan Aplikasi Mobile: Gunakan aplikasi mobile untuk navigasi dan informasi cuaca. Ini dapat membantu Anda menjelajahi daerah dengan lebih mudah.
  12. Ketahui Kontak Darurat: Simpan nomor kontak darurat dan informasi kesehatan penting saat bepergian.

Dengan merencanakan kunjungan Anda dengan baik dan memperhatikan tips ini, Anda dapat menjalani liburan yang menyenangkan dan lancar di Batu, Malang. Nikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan atraksi wisata yang menarik di kota yang memukau ini.

Tinggalkan Balasan