“Pesona Wisata Pegunungan di Mojokerto: Tempat Tersembunyi yang Wajib Dikunjungi”


Mojokerto adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terkenal dengan sejarah dan budaya yang kaya, Mojokerto juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa, terutama dalam bentuk wisata pegunungan. Bagi para pencinta alam dan petualang, Mojokerto adalah tempat yang sempurna untuk menjelajahi pemandangan pegunungan yang spektakuler. Inilah beberapa destinasi wisata pegunungan di Mojokerto yang patut Anda kunjungi.

  1. Gunung Penanggungan Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung berapi kerucut yang paling ikonik di Mojokerto. Dikenal karena keindahan pemandangan alamnya, Gunung Penanggungan juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Terdapat sejumlah candi dan situs bersejarah di sekitar gunung ini, seperti Candi Jawi dan Candi Tikus. Pendakian ke puncak gunung ini memberikan pengalaman yang luar biasa, dengan rute pendakian yang relatif mudah dan pemandangan yang menakjubkan.
  2. Gunung Welirang Gunung Welirang adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur dan menawarkan tantangan sejati bagi para pendaki. Terletak di perbatasan Mojokerto dan Malang, gunung ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk hutan pinus yang hijau dan lahan pertanian. Pendakian Gunung Welirang memerlukan persiapan yang baik dan fisik yang kuat, tetapi pengalaman melihat matahari terbit dari puncaknya adalah penghargaan yang tak ternilai.
  3. Gunung Kawi Gunung Kawi adalah destinasi lainnya yang mempesona di Mojokerto. Terletak di wilayah Pacet, gunung ini dikenal dengan mata air panasnya yang menyegarkan. Pendakian menuju puncak Gunung Kawi relatif mudah, sehingga cocok untuk pendaki pemula. Selama perjalanan, Anda akan melewati hutan yang rimbun, sungai kecil, dan air terjun yang indah.
  4. Taman Wisata Baturaden Taman Wisata Baturaden adalah salah satu tempat wisata pegunungan yang sangat populer di Mojokerto. Terletak di kawasan Banyuwangi, taman ini menawarkan kebun teh yang luas, air terjun, dan berbagai aktivitas rekreasi. Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan sambil berjalan-jalan di sekitar kebun teh atau bersantai di pinggir kolam renang alami yang mengalir dari mata air pegunungan.
  5. Bukit Gedek Bukit Gedek adalah destinasi wisata pegunungan yang muncul sebagai tempat favorit bagi para penduduk setempat dan wisatawan. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan Kota Mojokerto yang indah di malam hari. Bukit ini juga menjadi tempat yang populer untuk aktivitas camping dan piknik.
  6. Taman Wisata Putuk Truno Terletak di daerah Pungging, Taman Wisata Putuk Truno adalah tempat yang sempurna untuk menjelajahi keindahan alam Mojokerto. Dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan hutan hijau yang luas, tempat ini adalah surga bagi pecinta alam. Anda dapat melakukan pendakian atau hanya bersantai sambil menikmati alam sekitar.

Wisata pegunungan di Mojokerto menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang mencari kedamaian, petualangan, atau sekadar pelarian dari hiruk-pikuk kehidupan kota. Dengan keindahan alamnya yang beragam, Mojokerto patut menjadi tujuan wisata pegunungan yang masuk dalam daftar perjalanan Anda. Jadi, jika Anda mencari tempat yang menggabungkan sejarah, budaya, dan alam yang menakjubkan, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona wisata pegunungan di Mojokerto.


Trawas, yang terletak di Kabupaten Mojokerto, adalah sebuah kawasan perbukitan yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan serta beragam aktifitas seru. Jika Anda telah menjelajahi pesona pegunungan di Mojokerto dan ingin melanjutkan petualangan Anda, berikut adalah beberapa tempat menarik di Trawas:

  1. Kebun Teh Trawas Kebun Teh Trawas adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Trawas. Anda dapat berjalan-jalan di antara tanaman teh yang hijau luas sambil menikmati udara segar di pegunungan. Selain itu, ada fasilitas pengolahan teh di sini yang dapat Anda kunjungi untuk memahami lebih lanjut proses pembuatan teh. Jangan lupa mencicipi teh segar yang sangat lezat.
  2. Pemandian Air Panas Trawas Jika Anda mencari relaksasi, Pemandian Air Panas Trawas adalah tempat yang sempurna. Air panas alami ini diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tempat ini menawarkan kolam renang berair panas dengan berbagai suhu, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kenyamanan Anda. Suasana yang tenang dan hijaunya sekitarannya membuat kunjungan ke sini menjadi pengalaman yang menenangkan.
  3. Bukit Kuneer Bukit Kuneer adalah destinasi trekking yang menarik di Trawas. Pendakian menuju puncaknya memerlukan usaha, tetapi pemandangan yang mengagumkan dari atas bukit ini akan memuaskan setiap rasa lelah. Dari sini, Anda dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler.
  4. Kebun Wisata Limas Kebun Wisata Limas adalah tempat yang ideal untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam Trawas. Ada berbagai jenis tanaman hias, bunga-bunga cantik, dan area permainan untuk anak-anak. Anda dapat merencanakan piknik keluarga di sini atau sekadar berjalan-jalan santai.
  5. Curug Putuk Truno Curug Putuk Truno adalah air terjun indah yang tersembunyi di antara pepohonan hijau. Untuk mencapainya, Anda akan melalui jalur trekking yang menarik dan menyegarkan. Setibanya di air terjun, Anda dapat berenang atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana yang tenang.
  6. Puncak Banyak Puncak Banyak adalah destinasi populer lainnya di Trawas. Puncak ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Aktivitas camping dan piknik sering dilakukan di sini.

Trawas, Mojokerto, adalah surga bagi mereka yang mencari kedamaian dan petualangan di tengah keindahan alam pegunungan Jawa Timur. Dengan berbagai tempat wisata menarik dan aktivitas yang seru, Trawas pasti akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi pesona Trawas setelah Anda selesai mengeksplorasi pegunungan di Mojokerto.

Biaya masuk ke berbagai wisata pegunungan dan objek wisata di Mojokerto, termasuk Trawas, dapat bervariasi tergantung pada tempatnya. Berikut perkiraan biaya masuk ke beberapa destinasi wisata di Mojokerto:

  1. Gunung Penanggungan
    • Biaya masuk: Gratis (biasanya)
    • Biaya pendakian: Tergantung pada jalur pendakian yang Anda pilih. Biasanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.
  2. Gunung Welirang
    • Biaya masuk: Gratis (biasanya)
    • Biaya pendakian: Biaya pendakian Gunung Welirang biasanya sekitar Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per orang. Namun, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksa harga terbaru sebelum Anda pergi.
  3. Gunung Kawi
    • Biaya masuk: Gratis (biasanya)
    • Biaya pendakian: Biaya pendakian Gunung Kawi biasanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.
  4. Taman Wisata Baturaden
    • Biaya masuk: Biaya masuk ke Taman Wisata Baturaden biasanya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per orang. Harga ini mungkin berbeda untuk anak-anak atau pelajar.
  5. Bukit Gedek
    • Biaya masuk: Gratis (biasanya)
    • Biaya camping: Jika Anda berencana untuk camping di Bukit Gedek, ada biaya tambahan yang perlu Anda bayarkan, biasanya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per tenda.
  6. Taman Wisata Putuk Truno
    • Biaya masuk: Gratis (biasanya)
    • Biaya camping: Jika Anda berencana untuk camping, ada biaya tambahan yang biasanya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per tenda.
  7. Kebun Teh Trawas
    • Biaya masuk: Gratis (biasanya)
    • Biaya tur: Jika Anda ingin mengikuti tur ke kebun teh, biayanya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang.
  8. Pemandian Air Panas Trawas
    • Biaya masuk: Biaya masuk ke pemandian air panas biasanya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per orang.
  9. Curug Putuk Truno
    • Biaya masuk: Gratis (biasanya)
  10. Puncak Banyak
    • Biaya masuk: Gratis (biasanya)
    • Biaya camping: Jika Anda berencana untuk camping di Puncak Banyak, ada biaya tambahan yang perlu Anda bayarkan, biasanya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per tenda.

Pastikan untuk selalu memeriksa harga terbaru sebelum Anda mengunjungi tempat wisata tersebut, karena harga bisa berubah dari waktu ke waktu. Selain itu, beberapa tempat mungkin memiliki tarif khusus untuk anak-anak, pelajar, atau rombongan, jadi pastikan untuk menanyakan informasi ini saat Anda tiba di lokasi.

Tinggalkan Balasan