Surabaya: Menjelajahi Surga Kuliner Jawa Timur


Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur, adalah kota yang kaya akan budaya, sejarah, dan tentu saja, kuliner. Kota ini bukan hanya tempat di mana Anda dapat menjelajahi warisan sejarah Indonesia, tetapi juga menikmati berbagai hidangan lezat yang membuat lidah Anda bergoyang. Mari kita berkeliling melalui surga kuliner Jawa Timur ini.

1. Soto Ayam

Soto Ayam adalah hidangan sup ayam yang lezat yang terkenal di seluruh Indonesia, dan Surabaya tidak terkecuali. Soto Ayam Surabaya memiliki cita rasa yang unik berkat tambahan bawang goreng, koya (bubuk udang), dan sambal petis (saus udang). Cicipi hidangan ini di tempat-tempat seperti “Soto Ayam Lamongan Cak Har” untuk mendapatkan pengalaman yang autentik.

2. Rawon

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang tak boleh dilewatkan. Hidangan ini adalah semacam sup daging sapi berwarna hitam pekat, dicampur dengan bumbu rempah khas, seperti kluwek (buah yang memberi warna hitam pada hidangan) dan serai. Nikmati Rawon dengan nasi putih dan sambal petis untuk menciptakan paduan rasa yang sempurna.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan khas Surabaya yang unik. Hidangan ini terdiri dari irisan daging sapi muda (cingur), sayuran, tauge, dan kacang panjang yang disajikan dengan saus kacang kental yang bercita rasa asam manis dan pedas. Ini adalah hidangan yang kaya rasa dan tekstur yang harus Anda coba.

4. Lontong Balap

Lontong Balap adalah jajanan khas Surabaya yang terdiri dari lontong (nasi ketan yang dikukus), tauge, tahu, dan lentho (perkedel kacang hijau) yang disiram dengan kuah kacang kental dan kecap. Hidangan ini biasanya dihidangkan dengan bawang goreng dan kerupuk. Rasanya begitu lezat dan memuaskan.

5. Tahu Tek-Tek

Tahu Tek-Tek adalah makanan ringan yang sangat populer di Surabaya. Ini adalah tahu goreng yang diiris tipis dan disajikan dengan saus kacang, kecap, dan bawang goreng. Karena tahu ini diiris tipis, saat Anda menggigitnya, Anda akan mendengar suara “tek-tek”, yang memberikan nama pada hidangan ini.

6. Nasi Krawu

Nasi Krawu adalah hidangan tradisional Jawa Timur yang terdiri dari nasi, irisan daging sapi panggang, telur, dan bumbu rempah khas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal dan irisan mentimun. Rasanya gurih dan lezat.

7. Sate Klopo

Sate Klopo adalah variasi dari sate yang terbuat dari daging ayam atau daging kambing yang dicampur dengan kelapa parut. Hidangan ini disajikan dengan saus kacang kental dan biasanya disantap dengan lontong atau nasi. Rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas.

8. Es Pallu Butung

Untuk pencuci mulut yang segar, coba Es Pallu Butung. Ini adalah es krim kelapa muda yang disajikan dalam kulit kelapa asli. Rasanya manis, lezat, dan sangat cocok untuk mengakhiri makanan lezat Anda di Surabaya.

Ketika Anda berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi dunia kuliner yang kaya dan beragam ini. Dengan hidangan-hidangan yang lezat dan unik ini, perjalanan Anda akan menjadi lebih berkesan. Selamat menikmati kuliner khas Surabaya!


Harga makanan di Surabaya dapat bervariasi, tergantung pada tempat makan dan jenis hidangan yang Anda pesan. Sebagai referensi, berikut adalah perkiraan harga rata-rata untuk beberapa hidangan khas Surabaya:

  1. Soto Ayam: Harga soto ayam di Surabaya biasanya berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per porsi, tergantung pada tempat makan dan jenis soto yang Anda pesan.
  2. Rawon: Anda dapat menemukan rawon dengan harga sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per porsi. Harga ini juga dapat bervariasi tergantung pada bahan dan tambahan yang digunakan.
  3. Rujak Cingur: Harga rujak cingur berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per porsi, tergantung pada lokasi dan jenis daging yang digunakan.
  4. Lontong Balap: Harga lontong balap biasanya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi, tergantung pada ukuran porsi dan tambahan yang Anda inginkan.
  5. Tahu Tek-Tek: Harga tahu tek-tek biasanya terjangkau, sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per porsi, tergantung pada tempat makan dan jumlah tahu yang Anda pesan.
  6. Nasi Krawu: Harga nasi krawu berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 40.000 per porsi, tergantung pada jenis daging yang Anda pilih dan tambahan lainnya.
  7. Sate Klopo: Sate klopo biasanya dihargai sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi, tergantung pada jenis daging dan jumlah tusuk sate yang Anda pesan.
  8. Es Pallu Butung: Es pallu butung adalah hidangan penutup yang terjangkau, dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi.

Harap diingat bahwa harga ini adalah perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada tempat makan dan lokasi di Surabaya. Ada banyak restoran, warung, dan pedagang kaki lima yang menawarkan pilihan kuliner khas dengan berbagai rentang harga, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran Anda saat menikmati kuliner lezat Surabaya.

Tentunya, berikut adalah perkiraan jarak tempuh dari Bangkalan ke beberapa tempat kuliner khas Surabaya yang telah disebutkan sebelumnya:

  1. Soto Ayam Lamongan Cak Har (di Surabaya): Jarak dari Bangkalan ke Soto Ayam Lamongan Cak Har di Surabaya adalah sekitar 25 hingga 30 kilometer. Perjalanan dengan mobil biasanya akan memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.
  2. Tempat Makan Rawon di Surabaya: Jaraknya akan bervariasi tergantung pada tempat makan rawon yang Anda pilih di Surabaya. Secara umum, perjalanan dari Bangkalan ke pusat Surabaya (tempat banyaknya tempat makan rawon) akan memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam, dengan jarak sekitar 30 hingga 40 kilometer.
  3. Rujak Cingur di Surabaya: Rujak Cingur adalah hidangan khas Surabaya, dan jarak dari Bangkalan ke tempat-tempat yang menyajikan rujak cingur di Surabaya adalah sekitar 25 hingga 30 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam.
  4. Lontong Balap di Surabaya: Jarak dari Bangkalan ke tempat-tempat yang menyajikan lontong balap di Surabaya adalah sekitar 30 hingga 35 kilometer. Perjalanan dengan mobil akan memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.
  5. Tempat Tahu Tek-Tek di Surabaya: Sama seperti sebelumnya, jarak dari Bangkalan ke tempat tahu tek-tek di Surabaya adalah sekitar 30 hingga 35 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam.
  6. Tempat Nasi Krawu di Surabaya: Jarak dari Bangkalan ke tempat-tempat yang menyajikan nasi krawu di Surabaya adalah sekitar 25 hingga 30 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.
  7. Tempat Sate Klopo di Surabaya: Jarak dari Bangkalan ke tempat-tempat yang menyajikan sate klopo di Surabaya adalah sekitar 30 hingga 35 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam.
  8. Tempat Es Pallu Butung di Surabaya: Jarak dari Bangkalan ke tempat-tempat yang menyajikan es pallu butung di Surabaya adalah sekitar 30 hingga 35 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.

Pastikan untuk memeriksa rute dan kondisi lalu lintas saat Anda merencanakan perjalanan dari Bangkalan ke tempat-tempat kuliner ini di Surabaya untuk memastikan Anda sampai dengan nyaman dan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan