10 Makanan Khas Surabaya: Kelezatan yang Menggoda Lidah


Surabaya, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, tidak hanya dikenal sebagai pusat bisnis dan perdagangan, tetapi juga memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Makanan khas Surabaya tidak hanya lezat, tetapi juga mencerminkan keanekaragaman budaya yang ada di kota ini. Berikut adalah beberapa makanan khas Surabaya yang patut dicoba:

1. Rawon

Rawon adalah hidangan berkuah hitam khas Jawa Timur, termasuk Surabaya. Kuah hitam ini berasal dari kluwek, sebuah biji yang memberikan warna gelap dan cita rasa unik. Daging sapi dimasak dalam kuah ini bersama dengan rempah-rempah, menciptakan hidangan yang kaya dan lezat. Biasanya disajikan dengan nasi putih, tauge, dan kerupuk.

2. Lontong Balap

Lontong balap adalah jajanan khas Surabaya yang terdiri dari lontong, tauge, tahu, kentang, dan lentho (perkedel kecil). Semua bahan ini disiram dengan kuah kacang yang gurih. Hidangan ini tidak hanya lezat tetapi juga memberikan sensasi berbeda dengan kombinasi tekstur yang beragam.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah hidangan rujak khas Surabaya yang menggunakan cingur, potongan hidung sapi yang direbus dan disajikan dengan sayuran segar seperti timun, kangkung, dan tauge. Semua bahan ini dilumuri dengan saus kacang pedas yang khas. Rujak cingur menghadirkan perpaduan rasa asam, manis, pedas, dan gurih yang memanjakan lidah.

4. Sate Klopo

Sate klopo adalah variasi sate khas Surabaya yang menggunakan kelapa parut sebagai bungkus daging. Daging yang telah dipotong kecil-kecil dicampur dengan bumbu kacang dan dibungkus dengan kelapa parut sebelum dipanggang. Hasilnya adalah sate yang lezat dengan cita rasa khas kelapa yang gurih.

5. Tahu Tek

Tahu tek adalah hidangan yang terbuat dari tahu goreng yang disajikan dengan irisan ketupat, telur rebus, dan taoge. Semuanya disiram dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Tahu tek adalah hidangan yang sangat populer di warung-warung kaki lima di Surabaya.

6. Nasi Krawu

Nasi krawu adalah hidangan nasi campur khas Surabaya yang terdiri dari daging sapi, jeroan sapi, telur pindang, dan sambal khas. Rasa gurih dari santan dan rempah-rempah membuat nasi krawu menjadi hidangan yang sangat istimewa.

7. Soto Ayam Lamongan

Soto ayam Lamongan adalah hidangan soto yang menggunakan ayam sebagai bahan utama. Kuah kaldu ayam yang gurih disajikan dengan mie, suwiran daging ayam, tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Hidangan ini biasanya diberi tambahan sambal dan jeruk nipis untuk meningkatkan cita rasa. Anda dapat menikmati kenikmatan soto ayam Lamongan dengan harga yang bersahabat, membuatnya menjadi pilihan favorit para penikmat kuliner di Surabaya.

8. Nasi Pecel Semanggi

Nasi pecel semanggi adalah hidangan nasi pecel yang menggunakan semanggi sebagai lalapannya. Nasi ini disiram dengan sambal kacang yang pedas dan gurih, dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran hijau seperti kacang panjang, tauge, kangkung, dan daun singkong. Harga nasi pecel semanggi relatif terjangkau, menjadikannya pilihan yang populer di kalangan masyarakat Surabaya.

9. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay adalah hidangan bebek goreng khas Surabaya yang terkenal dengan kelezatan daging bebeknya yang empuk dan renyah. Bebek disajikan dengan sambal yang khas, nasi, dan lalapan. Meskipun termasuk dalam kategori hidangan bebek goreng, Bebek Sinjay memiliki cita rasa yang unik dan berbeda, membuatnya menjadi favorit banyak orang. Harga yang terjangkau menjadikan Bebek Sinjay sebagai pilihan makan malam yang nikmat dan terjangkau.

10. Rujak Shanghai

Rujak Shanghai adalah hidangan rujak dengan bahan dasar buah-buahan segar seperti mangga, jambu biji, dan nanas yang disajikan dengan sambal kacang yang manis dan pedas. Hidangan ini memiliki citarasa yang unik dan menyegarkan, sangat cocok untuk menghilangkan dahaga di tengah teriknya cuaca Surabaya. Harga yang terjangkau membuat Rujak Shanghai menjadi camilan populer di kalangan masyarakat Surabaya.


Saat menjelajahi kelezatan makanan khas Surabaya, salah satu hal yang menarik perhatian selain cita rasa adalah harganya yang umumnya terjangkau. Berikut adalah perkiraan harga untuk beberapa makanan khas Surabaya yang telah disebutkan sebelumnya:

  1. Rawon
    • Harga per porsi Rawon berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 40.000 tergantung tempat dan tingkat eksklusivitas warung atau restoran.
  2. Lontong Balap
    • Anda bisa menikmati Lontong Balap dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi, tergantung lokasi dan variasi bahan.
  3. Rujak Cingur
    • Harga Rujak Cingur berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000 per porsi, tergantung pada jenis dan jumlah bahan yang digunakan.
  4. Sate Klopo
    • Sate Klopo biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi, bergantung pada lokasi dan jumlah tusuk sate.
  5. Tahu Tek
    • Harga Tahu Tek berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 25.000 tergantung pada lokasi dan variasi bahan.
  6. Nasi Krawu
    • Nasi Krawu bisa Anda nikmati dengan harga sekitar Rp 25.000 hingga Rp 50.000 tergantung pada restoran atau warung yang Anda pilih.
  7. Soto Ayam Lamongan
    • Harga per porsi Soto Ayam Lamongan berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000, tergantung pada tempat dan varian isian.
  8. Nasi Pecel Semanggi
    • Harga Nasi Pecel Semanggi biasanya terjangkau, berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi.
  9. Bebek Sinjay
    • Harga Bebek Sinjay per porsi berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000, tergantung pada tempat dan porsi.
  10. Rujak Shanghai
    • Harga Rujak Shanghai cukup terjangkau, berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi, tergantung pada tempat penjualan.

Penting untuk dicatat bahwa harga makanan dapat bervariasi tergantung pada tempat, suasana, dan tingkat pelayanan yang ditawarkan oleh tempat makan tersebut. Meskipun begitu, makanan khas Surabaya tetap menjadi pilihan yang ramah di kantong bagi wisatawan dan penduduk setempat. Selamat menikmati kuliner khas Surabaya dengan cita rasa yang istimewa!

Kesimpulan

Makanan khas Surabaya tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga mencerminkan keberagaman budaya yang kaya di kota ini. Dari hidangan berkuah seperti rawon hingga jajanan kaki lima seperti tahu tek, setiap gigitan membawa pengalaman kuliner yang unik. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kelezatan makanan khas Surabaya ketika Anda berada di kota ini. Selamat menikmati!

Tinggalkan Balasan