rekomendasi tempat wisata dingin di Malang

Jika kamu ingin merasakan udara sejuk dan dingin di Indonesia, Malang bisa menjadi pilihan yang tepat. Malang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan sejuk, serta memiliki beberapa tempat wisata yang menawarkan pengalaman serupa. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat dingin di Malang yang dapat kamu kunjungi.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat dingin di Malang yang dapat kamu kunjungi:

A. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan sering dijadikan sebagai tujuan wisata yang populer di Indonesia. Untuk mencapai puncak Gunung Bromo, pengunjung biasanya harus menempuh perjalanan dari kota Malang atau Probolinggo menuju Cemoro Lawang, sebuah desa yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dari sana, pengunjung bisa melakukan pendakian ke puncak gunung melalui beberapa rute, seperti rute Bukit Cinta, rute Jemplang, atau rute Widodaren. Puncak Gunung Bromo menawarkan pemandangan yang sangat indah, terutama saat matahari terbit di pagi hari. Pengunjung bisa menyaksikan sinar matahari yang memancarkan warna-warna indah di sekitar kawah gunung dan padang pasir yang mengelilinginya. Udara di kawasan Gunung Bromo sangat sejuk dan dingin, sehingga disarankan untuk membawa pakaian hangat dan jaket.

Harga tiket untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang mencakup Gunung Bromo, bisa berbeda-beda tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan dan asal muasal pengunjung. Berikut adalah perkiraan harga tiket masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk tahun 2023:

  1. Tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk wisatawan domestik: sekitar Rp 32.500 untuk hari kerja dan Rp 37.500 untuk akhir pekan dan hari libur nasional.
  2. Tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk wisatawan asing: sekitar Rp 317.500 untuk hari kerja dan Rp 347.500 untuk akhir pekan dan hari libur nasional.
  3. Biaya parkir kendaraan di area Cemoro Lawang: sekitar Rp 10.000 – Rp 25.000 tergantung pada jenis kendaraan.
B. Puncak Mahameru

Puncak Mahameru adalah puncak tertinggi di pulau Jawa dan Indonesia dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Puncak Mahameru adalah tujuan pendakian yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam. Untuk mencapai Puncak Mahameru, para pendaki biasanya memulai perjalanan dari desa Ranu Pane, yang dapat dicapai melalui rute Malang atau Lumajang. Perjalanan pendakian ke Puncak Mahameru memakan waktu sekitar 2-4 hari, tergantung pada rute yang dipilih dan kondisi fisik pendaki. Selama perjalanan pendakian, para pendaki akan melewati berbagai pemandangan indah seperti hutan, danau, puncak gunung, dan lautan awan. Pemandangan indah yang ditawarkan oleh Puncak Mahameru menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur. Namun, perjalanan pendakian ke Puncak Mahameru tidak mudah dan membutuhkan persiapan yang matang. Pendaki harus membawa perlengkapan dan peralatan yang memadai, seperti tenda, sleeping bag, pakaian hangat, serta makanan dan minuman yang cukup. Selain itu, pendaki juga harus menjaga kebersihan lingkungan dan menghormati aturan yang berlaku di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Untuk melakukan pendakian ke Puncak Mahameru, pengunjung diwajibkan memperoleh izin dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berikut adalah perkiraan harga tiket masuk dan biaya izin pendakian ke Puncak Mahameru untuk tahun 2023:

  1. Tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk wisatawan domestik: sekitar Rp 32.500 untuk hari kerja dan Rp 37.500 untuk akhir pekan dan hari libur nasional.
  2. Tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk wisatawan asing: sekitar Rp 317.500 untuk hari kerja dan Rp 347.500 untuk akhir pekan dan hari libur nasional.
  3. Biaya izin pendakian ke Puncak Mahameru: sekitar Rp 220.000 – Rp 400.000 tergantung pada durasi pendakian, jenis kelamin, dan kewarganegaraan.
C. Selecta Recreational Park

Selecta Recreational Park adalah salah satu taman rekreasi yang terkenal di kota Batu, Malang. Taman rekreasi ini dibangun pada tahun 1928 dan memiliki luas sekitar 6 hektar. Selecta Recreational Park menawarkan berbagai macam wahana dan atraksi untuk pengunjung dari segala usia, seperti kolam renang, taman bunga, taman bermain, dan juga taman wisata edukasi. Taman wisata edukasi ini terdiri dari beberapa bagian, seperti Kebun Binatang Mini, Taman Bambu, dan Rumah Pohon. Pengunjung bisa berinteraksi dengan berbagai jenis binatang seperti burung, kuda, dan kelinci di Kebun Binatang Mini. Di Taman Bambu, pengunjung bisa menikmati suasana hijau dan menyegarkan mata dengan hamparan bambu yang indah. Sementara itu, di Rumah Pohon, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah dari atas ketinggian. Tidak hanya itu, Selecta Recreational Park juga memiliki kolam renang dengan air yang jernih dan segar. Kolam renang ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga pengunjung bisa berenang dengan leluasa. Selain itu, pengunjung juga bisa bermain dan menikmati atraksi di taman bermain yang disediakan.

Harga tiket masuk ke Selecta Recreational Park di kota Batu, Malang relatif terjangkau. Berikut adalah estimasi harga tiket masuk ke Selecta Recreational Park per Februari 2023:

  • Harga tiket masuk dewasa: sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000/orang
  • Harga tiket masuk anak-anak: sekitar Rp 20.000 – Rp 25.000/orang
D. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia adalah salah satu tempat wisata di kota Batu, Malang yang terkenal dengan keindahan bunga Celosia yang bermekaran di sana. Taman ini terletak di kawasan Wisata Agro Selecta dan memiliki luas sekitar 1,2 hektar. Bunga Celosia adalah jenis bunga yang berwarna-warni dan memiliki bentuk yang unik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan objek wisata. Di Taman Bunga Celosia, pengunjung dapat menikmati pemandangan bunga Celosia yang bermekaran di lahan terbuka yang indah. Pengunjung juga bisa membeli bunga Celosia yang sudah dipetik dan dibuat menjadi buket oleh para pedagang di sekitar taman.

Untuk harga tiket masuk ke Taman Bunga Celosia cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per orang. Namun, harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dari pihak pengelola. Selain itu, di Taman Bunga Celosia terdapat pula berbagai fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung dengan biaya tambahan, seperti foto dengan kostum tradisional Jawa, menjajal sepeda unik dengan biaya sekitar Rp 15.000, hingga beragam kuliner dan oleh-oleh yang dijual di sekitar area taman dengan harga yang bervariasi.

E. Coban Rondo Waterfall

Coban Rondo Waterfall adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di kawasan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Coban Rondo Waterfall memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan dikelilingi oleh hutan hijau yang asri, sehingga menjadi salah satu tempat wisata yang populer di kota Malang. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sekitar Coban Rondo. Di sekitar air terjun terdapat jembatan gantung yang menghubungkan dua sisi lembah, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan yang lebih luas dan menarik. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain yang ada di Coban Rondo, seperti taman bermain anak, kolam renang, dan juga wisata kuliner. Untuk mencapai Coban Rondo Waterfall, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 12 km dari arah Kota Batu. Jalur menuju Coban Rondo cukup menantang karena terdapat jalan yang berkelok dan menanjak, namun pemandangan yang indah sepanjang perjalanan akan memanjakan mata Anda.

Untuk harga tiket masuk ke Coban Rondo Waterfall, biaya masuk per orangnya sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000. Namun, harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dari pihak pengelola. Selain harga tiket masuk, terdapat pula biaya parkir yang cukup terjangkau sekitar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jika pengunjung ingin menikmati wahana lain yang ada di Coban Rondo Waterfall seperti flying fox, biaya tambahannya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 35.000. Selain itu, Coban Rondo juga menyediakan area parkir camping ground dengan biaya sekitar Rp 100.000 per hari.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata dingin di Malang yang bisa menjadi alternatif destinasi liburan Anda. Dari Gunung Bromo hingga Taman Bunga Celosia, setiap tempat memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri yang tak bisa dilewatkan.

Tinggalkan Balasan