Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia ekspor-impor dan kargo mungkin tidak akan asing lagi dengan yang namanya Freigh Forwarder. Pada dasarnya, hampir setiap proses kegiatan ekspor-impor melibatkan jasa bernama Freigh Forwarder. Bagi Anda yang masih begitu asing dengan istilah ini, maka Anda bisa lebih mengenal Freight Forwarder lewat artikel ini.

Mengenal Freigh Forwarder Lewat Pengertiannya

Sebelum membahas secara lebih lanjut mengenai seluk-beluk tentang Freigh Forwader, ada baiknya jika terlebih dahulu Anda perlu mengetahui pengertian dari istilah yang satu ini. Dengan mengetahui makna dan pengertiannya, diharapkan akan bisa semakin memperdalam pengetahuan Anda tentang jasa yang bersangkutan tersebut.

Freigh Forwader merupakan sebuah perusahaan jasa yang secara khusus bergerak dalam bidang keagenan yang mengurusi proses pengiriman dan juga penerimaan barang secara lengkap dan menyeluruh dari hasil Export-Import.

Baca juga : Cara Ekspor dan impor barang melalui tanjung perak Surabaya

Maka dari itu, jasa yang ditawarkan oleh perusahaan ini bukan hanya sekedar proses pengiriman (shipping) saja namun juga pelayanan secara menyeluruh dan lebih bervariasi bila dibandingkan dengan jasa pengiriman pada umumnya.

Cakupan Jasa Yang Dimiliki Oleh Freigh Forwarder

Setelah Anda mengenal Freigh Forwarder, kini sudah saatnya bagi Anda untuk lebih mengetahui tentang cakupan jasa yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa cakupan jasa yang dimiliki oleh Freigh Forwader.

1. Pengepakan atau Packing

Sebagai sebuah jasa yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan ekspedisi, Freigh Forwader juga melayani jasa pengepakan ataupun packing. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir masalah packing dari produk yang ingin Anda ekspor-impor karena perusahaan ini sudah menangani masalah pengemasan dari barang-barang tersebut.

2. Perijinan Kepabeanan

Selain mengurusi masalah packing, sebuah perusahaan Freigh Forwader pada umumnya juga dapat membantu mengurus masalah perijinan di kepabeanan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan ketentuan dari bea cukai masing-masing Negara yang bersangkutan.

3. Dokumentasi Ekspor-Impor Internasional

Perusahaan Freigh Forwarder juga akan membantu melakukan dokumentasi kegiatan ekspor impor internasional yang dilakukan. Dengan demikian, kegiatan ekspor impor yang dilakukan cenderung relatif lebih aman.

4. Masalah Asuransi

Pada umumnya, setiap produk atau barang yang dikirimkan oleh suatu jasa ekspedisi akan mendapatkan yang namanya asuransi. Perusahaan Freigh Forwarder juga akan membantu mengurus masalah asuransi dari produk dan barang-barang hasil ekspor-impor yang dikirimkan tersebut.

5. Penyimpanan Barang di Gudang

Pada umumnya, kegiatan ekspor dan impor melibatkan jumlah dan volume barang yang tidak sedikit. Dan terkadang aktivitas perdagangan internasional tersebut membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup Luas.  Ketika menggunakan jasa perusahaan Freigh Forwader, Anda tidak perlu bingung dengan masalah penyimpanan barang di Gudang.

6. Pemilihan Rute Pengiriman

Sebagai sebuah perusahaan jasa pengiriman yang bekerja secara lengkap dan menyeluruh, secara umum perusahaan Freigh Forwader juga akan membantu Anda dlaam memilih jalur rute pengiriman yang paling ekonomis dan paling aman. Hal ini berguna untuk meminimalkan pengeluaran biaya dan juga meningkatkan keamanan barang-barang yang Anda kirimkan.

7. Koordinasi Mengenai Pembelian Dan Pengiriman Barang

Sebuah perusahaan jasa Freigh Forwader pada umumnya juga akan membantu Anda dalam melakukan koordinasi mengenai proses pembelian dan juga pengiriman barang-barang hasil ekspor-impor. Koordinasi mengenai pembelian dan pengiriman barang ini pada akhirnya akan semakin memudahkan para eksportir dan importir terkait dengan arus barang yang dimilikinya.

Demikianlah ulasan mengenai Freigh Forwader yang perlu Anda ketahui. Berbekal dengan sedikit ulasan yang telah disampaikan di atas, kini Anda sedikit banyak telah mengenal Freigh Forwarder sebagai bagian dari perusahaan ekspedisi yang berkecimpung dalam dunia ekspor impor secara lengkap dan menyeluruh.

Komentar