Tentang Surabaya

Surabaya atau di jaman Hindia Belanda di tulis Soerabaja, adalah ibukota Jawa Timu, Salah satu Provinsi yang ada di Negara Republik Indonesia . Terletak di pantai timur laut Jawa, posisinya berada di seberang pulau Madura . Sungai Mas yang berkanalisasi, yang merupakan cabang dari Sungai Brantas, mengalir melalui pusat kota.

Surabaya telah menjadi pusat perdagangan utama di Jawa Timur sejak abad ke-14. Kota ini dikendalikan oleh Belanda dari pertengahan ke-18 hingga pertengahan abad ke-20, kecuali untuk periode singkat di bawah pemerintahan Inggris pada awal abad ke-19. Selama Perang Dunia II Surabaya diduduki oleh Jepang (1942-1945) dan dibom habis-habisan oleh Sekutu . Pada bulan November 1945, pertempuran sengit terjadi di Surabaya antara kaum nasionalis Indonesia dan pasukan Inggris yang berusaha untuk menguasai Sekutu, yang oleh kaum nasionalis ditafsirkan sebagai awal kembalinya Belanda. Kota ini rusak lagi selama perang kemerdekaan Indonesia (1945–49) dari Belanda.

Pelabuhan surabaya, Tanjungperak, terletak tepat di utara kota dan di sebelah Ujung, stasiun angkatan laut utama Indonesia. Dari kota-kota di Indonesia, Surabaya hanya dilampaui ukurannya oleh Jakarta dan tetap menjadi pusat komersial utama di Jawa Timur. Dari pelabuhannya dikirim sebagian besar produk pertanian utama Jawa, termasuk gula , serta kopi , tembakau, jati, singkong, karet, rempah-rempah, minyak nabati, dan produk minyak bumi. Kota ini juga memiliki armada penangkapan ikan yang besar. Industri kota ini meliputi pembuatan kapal dan lapangan perbaikan kapal, bengkel lokomotif, dan pembuatan tekstil, kaca, bahan kimia, bir, rokok, dan sepatu. Pinggiran kota memiliki kilang minyak bumi. Daerah sekitarnya merupakan daerah pertanian yang datar dan kaya.

Surabaya terhubung dengan kereta api dan jalan raya ke pantai timur dan barat Jawa dan dengan demikian berhubungan dengan kota-kota utama lainnya di pulau itu. Ini juga memiliki komunikasi pelayaran utama dengan pelabuhan utama di kawasan Indo-Pasifik karena terletak di sepanjang jalur laut utama dari Singapura dan Jakarta ke Pasifik dan Asia Timur. Ada bandara internasional di Juanda.

Situs-situs penting di kota Surabaya termasuk Masjid Al-Akbar yang besar (1868); Universitas Airlangga (1954), dengan program sarjana dan pascasarjana di bidang hukum, kedokteran, ekonomi, teknologi, ilmu sosial dan politik, dan bidang lain; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (1960), yang juga menawarkan program-program di berbagai bidang hingga jenjang doktor; perguruan tinggi angkatan laut; dan benteng kolonial Belanda kuno Fort Prins Hendrik (1837). Pop. (2010) 2.765.487.

Artikel ini terakhir kali direvisi dan diperbarui oleh Virginia Gorlinski , Associate Editor

Komentar