Menjelajahi Keseruan Pusat Belanja Teramai di Surabaya: Destinasi Belanja yang Menarik di Kota Pahlawan


Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan sejarahnya yang kaya dan budayanya yang beragam, tetapi juga dengan keberagaman pusat perbelanjaan yang menarik. Dari mal modern hingga pasar tradisional yang ramai, Surabaya menawarkan berbagai destinasi belanja yang dapat memenuhi kebutuhan dan selera semua orang. Mari kita telusuri beberapa pusat belanja teramai yang menjadi sorotan di kota ini.

1. Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan teramai di Surabaya. Terletak di jantung kota, Tunjungan Plaza menawarkan pengalaman berbelanja yang lengkap dengan berbagai toko, restoran, dan hiburan. Dengan merek-merek internasional dan lokal yang terkenal, serta fasilitas modern seperti bioskop dan food court, Tunjungan Plaza menjadi destinasi belanja utama bagi warga Surabaya dan pengunjung dari luar kota.

2. Surabaya Town Square (Sutos)

Surabaya Town Square, atau yang lebih dikenal sebagai Sutos, adalah pusat perbelanjaan dan hiburan yang populer di kota ini. Dengan konsep terbuka dan suasana yang nyaman, Sutos menawarkan berbagai toko pakaian, aksesori, dan perlengkapan rumah tangga. Selain itu, terdapat juga berbagai restoran, kafe, dan tempat hiburan seperti bioskop dan pusat permainan anak-anak, menjadikannya tempat yang ramai dikunjungi oleh keluarga dan anak muda.

3. Surabaya Grand City Mall

Surabaya Grand City Mall merupakan pusat perbelanjaan yang elegan dan mewah di kawasan Surabaya Barat. Dengan desain arsitektur yang modern dan interior yang mewah, Grand City Mall menawarkan pengalaman berbelanja yang eksklusif. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai merek terkenal dari dalam dan luar negeri, serta menikmati fasilitas mewah seperti bioskop premium dan pusat kebugaran.

4. Pasar Atom Mall

Pasar Atom Mall adalah destinasi belanja yang terkenal di Surabaya, terutama di kalangan anak muda dan pecinta fashion. Mall ini dikenal karena menawarkan berbagai toko yang menjual pakaian, sepatu, dan aksesori dengan harga terjangkau. Selain itu, terdapat juga food court yang menyajikan makanan lokal dan internasional, serta pusat permainan dan tempat hiburan lainnya.

5. Pasar Turi

Pasar Turi adalah salah satu pasar tradisional yang paling ramai di Surabaya. Terletak di pusat kota, pasar ini menawarkan berbagai produk lokal seperti tekstil, kerajinan tangan, dan souvenir. Di sini, pengunjung dapat merasakan atmosfer pasar tradisional yang hidup, serta berinteraksi langsung dengan para pedagang dan warga lokal.

Menikmati Pengalaman Berbelanja yang Beragam

Pusat-pusat belanja ini mencerminkan keberagaman budaya dan gaya hidup yang ada di Surabaya. Dari mal mewah hingga pasar tradisional yang ramai, setiap tempat menawarkan pengalaman berbelanja yang unik dan menarik. Dengan berbagai pilihan toko, restoran, dan hiburan, Surabaya menjadi destinasi belanja yang menarik bagi semua kalangan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pusat-pusat belanja ini menjadi tempat yang paling ramai dikunjungi oleh warga Surabaya dan wisatawan dari berbagai daerah.

Tentunya, selain pusat perbelanjaan, Surabaya juga memiliki beragam tempat yang ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan. Berikut adalah beberapa destinasi populer di Surabaya selain pusat belanja:

1. Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah salah satu taman kota yang paling ramai dikunjungi di Surabaya. Terletak di daerah Surabaya Selatan, taman ini menjadi tempat favorit bagi warga Surabaya untuk bersantai, berolahraga, atau sekadar menikmati udara segar. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai fasilitas seperti area bermain anak, jalur jogging, dan area kuliner dengan berbagai makanan lezat.

2. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Monumen Kapal Selam, atau yang biasa disebut Monkasel, adalah monumen berbentuk kapal selam yang menjadi ikon kota Surabaya. Terletak di tepi Sungai Kalimas, Monkasel merupakan tempat wisata sejarah yang populer, di mana pengunjung dapat menjelajahi interior kapal selam nyata dan mempelajari sejarah angkatan laut Indonesia.

3. Taman Prestasi

Taman Prestasi adalah taman kota yang terletak di tengah-tengah pusat kota Surabaya. Taman ini merupakan tempat yang populer untuk menggelar berbagai acara budaya, seni, dan olahraga. Selain itu, Taman Prestasi juga menjadi tempat favorit bagi warga Surabaya untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman pada akhir pekan atau hari libur.

4. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo adalah masjid yang terletak di kawasan Ampel, Surabaya. Masjid ini merupakan salah satu tempat ibadah yang ramai dikunjungi oleh umat Muslim dan wisatawan. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Cheng Hoo juga memiliki arsitektur yang unik dan menarik, serta menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial di komunitas Tionghoa Surabaya.

5. House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah museum dan tempat wisata yang terletak di daerah Kota Lama Surabaya. Museum ini merupakan bekas pabrik rokok tua yang kini diubah menjadi tempat wisata yang menarik. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang sejarah industri rokok di Indonesia, melihat proses pembuatan rokok secara langsung, serta menikmati fasilitas seperti kafe dan toko suvenir.

6. Alun-Alun Kota Surabaya

Alun-Alun Kota Surabaya adalah salah satu pusat kegiatan sosial dan rekreasi yang populer di kota ini. Terletak di pusat kota, Alun-Alun Kota Surabaya menjadi tempat berkumpulnya warga Surabaya untuk berbagai acara, termasuk konser musik, pasar malam, dan acara budaya lainnya. Taman-taman dan area terbuka yang luas membuat Alun-Alun Kota Surabaya menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati suasana kota.

Menemukan Keberagaman Surabaya

Surabaya tidak hanya memiliki pusat perbelanjaan yang ramai, tetapi juga beragam tempat wisata dan rekreasi yang menarik. Dari taman kota hingga tempat bersejarah, setiap tempat menawarkan pengalaman yang berbeda dan memperkaya pengetahuan tentang keberagaman budaya dan sejarah kota ini. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk menjelajahi berbagai destinasi menarik di luar pusat perbelanjaan!


Tidak lengkap rasanya berkunjung ke sebuah kota tanpa membawa pulang oleh-oleh khas dari tempat tersebut. Surabaya, sebagai kota metropolitan yang kaya akan budaya dan kuliner, menawarkan beragam pilihan oleh-oleh yang dapat menjadi kenang-kenangan bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa pusat oleh-oleh terkenal di Surabaya:

1. Pasar Atum Mall

Pasar Atum Mall adalah destinasi belanja yang terkenal di Surabaya dan juga menjadi tempat yang tepat untuk mencari oleh-oleh khas dari kota ini. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh tradisional dan modern, mulai dari kerajinan tangan, batik, hingga makanan khas Surabaya seperti kerupuk, sambal, dan kue tradisional.

2. Jembatan Merah Plaza

Jembatan Merah Plaza (JMP) adalah salah satu pusat perbelanjaan yang ikonik di Surabaya. Selain berbagai macam toko dan restoran, JMP juga memiliki area khusus yang menyediakan berbagai oleh-oleh khas Surabaya. Anda dapat memilih dari berbagai pilihan oleh-oleh seperti jajanan tradisional, souvenir, tekstil khas Surabaya, dan masih banyak lagi.

3. Toko Oen

Toko Oen adalah sebuah warisan sejarah yang telah berdiri sejak tahun 1930-an. Toko ini terkenal dengan suasana klasiknya dan menyajikan berbagai hidangan khas Hindia Belanda yang lezat. Selain sebagai restoran, Toko Oen juga memiliki toko oleh-oleh di mana Anda dapat membeli berbagai produk makanan khas Surabaya, seperti lumpia, klappertaart, dan manisan khas Indonesia.

4. Sidoarjo Cake Center

Sidoarjo Cake Center adalah pusat oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal dengan produk kue kering dan kue basahnya. Terletak di kawasan Sidoarjo, pusat ini menawarkan berbagai macam kue tradisional dan modern yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

5. Rumah Kaki Lima

Rumah Kaki Lima adalah pasar khas Surabaya yang menjual berbagai macam oleh-oleh kuliner khas Indonesia. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan ringan seperti bakso, siomay, gorengan, dan masih banyak lagi. Harga yang terjangkau dan beragamnya pilihan membuat Rumah Kaki Lima menjadi tempat favorit untuk berburu oleh-oleh oleh wisatawan dan warga lokal.

Membawa Pulang Kenangan Manis dari Surabaya

Dari makanan khas hingga kerajinan tangan, Surabaya menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang untuk keluarga dan teman-teman. Dengan memilih oleh-oleh yang khas dan autentik, Anda tidak hanya membawa pulang kenangan manis dari perjalanan Anda, tetapi juga mendukung industri lokal dan budaya khas Surabaya. Jadi, jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk berbelanja oleh-oleh ketika berkunjung ke Surabaya!

Tinggalkan Balasan