Penginapan Murah di Pasuruan: Tempat Nyaman Tanpa Menguras Dompet


Pasuruan, kota yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia, adalah tempat yang menawarkan berbagai keindahan alam dan objek wisata menarik. Namun, untuk menikmati segala pesona Pasuruan, Anda tentu memerlukan akomodasi yang nyaman dan terjangkau. Jangan khawatir, Pasuruan memiliki banyak pilihan penginapan murah yang akan memungkinkan Anda menikmati perjalanan tanpa harus menguras dompet. Berikut adalah beberapa penginapan murah di Pasuruan yang dapat menjadi pilihan Anda:

1. Hotel Rumah Kita Pasuruan

  • Lokasi: Jl. Raya Pasuruan-Malang No.95, Kejayan, Pasuruan
  • Harga: Mulai dari Rp 200.000 per malam
  • Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV kabel, kamar mandi pribadi, dan Wi-Fi gratis. Sarapan disediakan dengan pilihan menu yang beragam.

2. Griyo Avi Hotel

  • Lokasi: Jl. Raya Pasuruan-Malang No. 78, Kejayan, Pasuruan
  • Harga: Mulai dari Rp 250.000 per malam
  • Hotel ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan AC, TV, dan kamar mandi pribadi. Fasilitas umum termasuk restoran yang menyajikan hidangan lokal dan internasional.

3. Hotel Dewi Ratih

  • Lokasi: Jl. Sutomo No. 46, Panggungrejo, Pasuruan
  • Harga: Mulai dari Rp 200.000 per malam
  • Hotel ini memiliki kamar-kamar yang sederhana tetapi bersih dengan AC, TV kabel, dan kamar mandi pribadi. Terdapat juga restoran yang menyajikan makanan khas Jawa Timur.

4. Wisma Mawar Pasuruan

  • Lokasi: Jl. KH. Wachid Hasyim No. 4, Panggungrejo, Pasuruan
  • Harga: Mulai dari Rp 150.000 per malam
  • Wisma ini adalah pilihan yang sangat terjangkau. Meskipun sederhana, kamar-kamarnya cukup bersih dan nyaman dengan fasilitas dasar. Terletak dekat dengan pusat kota Pasuruan.

5. Homestay dan Guesthouse Lokal

  • Jika Anda mencari opsi yang lebih terjangkau, Anda juga bisa mempertimbangkan homestay atau guesthouse lokal. Banyak penduduk setempat yang menyewakan kamar-kamar mereka dengan harga yang sangat terjangkau. Ini adalah cara yang baik untuk merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat Pasuruan.

Tips untuk Menghemat Uang pada Penginapan di Pasuruan:

  • Pesan secara online: Seringkali, Anda dapat menemukan penawaran yang lebih baik jika Anda memesan penginapan Anda secara online melalui situs web atau aplikasi pemesanan hotel.
  • Tinggal di luar musim liburan: Harga penginapan di Pasuruan cenderung lebih tinggi selama musim liburan. Cobalah untuk menghindari tanggal-tanggal ini jika Anda mencari penginapan yang lebih murah.
  • Tanyakan kepada penduduk setempat: Bertanya kepada penduduk setempat atau pengelola tempat wisata tentang penginapan yang murah dan nyaman juga bisa memberikan informasi berharga.


Pasuruan adalah tempat yang indah untuk dijelajahi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Dengan banyaknya pilihan penginapan murah, Anda dapat menikmati perjalanan Anda ke Pasuruan tanpa khawatir tentang anggaran akomodasi. Selamat berlibur!

Tentu, selain menawarkan penginapan yang terjangkau, Pasuruan juga memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang dekat dengan penginapan-penginapan tersebut. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama berada di Pasuruan:

1. Gunung Bromo

  • Terletak sekitar 60 km dari Pasuruan, Gunung Bromo adalah salah satu ikon wisata Jawa Timur yang paling terkenal. Anda dapat mengambil paket wisata atau menyewa kendaraan untuk mencapai kawasan Bromo dari Pasuruan. Menyaksikan matahari terbit dari Bukit Penanjakan dan menjelajahi lautan pasir serta kawah Gunung Bromo adalah pengalaman yang tak terlupakan.

2. Kawah Ijen

  • Kawah Ijen adalah tujuan wisata lain yang luar biasa yang berjarak sekitar 170 km dari Pasuruan. Meskipun jaraknya cukup jauh, Anda dapat menjadikan Pasuruan sebagai basis perjalanan menuju Kawah Ijen. Ini adalah tempat yang ideal bagi para pecinta alam dan fotografi. Anda dapat berjalan kaki ke kawah untuk melihat fenomena blue fire yang unik.

3. Pantai Prigi

  • Pantai Prigi adalah salah satu pantai yang dekat dengan Pasuruan, berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang. Anda dapat menikmati matahari terbenam, berenang, atau hanya bersantai di pasir putih pantai.

4. Air Terjun Coban Baung

  • Terletak sekitar 30 km dari Pasuruan, air terjun ini adalah destinasi yang sempurna bagi pecinta alam. Coban Baung memiliki air terjun setinggi sekitar 40 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Tempat ini cocok untuk hiking dan piknik.

5. Agrowisata Kebun Teh Wonosari

  • Terletak sekitar 15 km dari Pasuruan, agrowisata Kebun Teh Wonosari menawarkan pengalaman yang menarik bagi pengunjung yang ingin melihat proses pengolahan teh. Anda dapat berjalan-jalan di kebun teh, belajar tentang proses pembuatan teh, dan menikmati secangkir teh segar.

6. Taman Wisata Alam Gunung Wilis

  • Jika Anda lebih suka berada di alam terbuka, Gunung Wilis adalah tempat yang tepat. Terletak sekitar 10 km dari Pasuruan, taman ini memiliki pemandangan alam yang indah, trekking, dan spot-spot fotografi yang menarik.

Dengan berbagai pilihan wisata alam dan budaya yang dekat dengan penginapan murah di Pasuruan, Anda dapat merencanakan perjalanan yang memuaskan tanpa harus menghabiskan banyak uang. Selamat menjelajahi keindahan Pasuruan!

Untuk mencapai destinasi wisata tersebut dari penginapan di Pasuruan, Anda bisa memilih berbagai jenis kendaraan tergantung pada jarak tempuh dan preferensi pribadi Anda. Berikut adalah rekomendasi kendaraan yang paling sesuai untuk setiap destinasi:

  1. Gunung Bromo:
    • Jarak dari Pasuruan ke Gunung Bromo sekitar 60 km. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dengan sopir. Juga, ada opsi untuk menyewa jeep yang khusus dirancang untuk perjalanan di kawasan Gunung Bromo, terutama jika Anda berencana untuk mengunjungi Bukit Penanjakan untuk melihat matahari terbit.
  2. Kawah Ijen:
    • Jarak dari Pasuruan ke Kawah Ijen adalah sekitar 170 km. Perjalanan ini memerlukan waktu yang lebih lama, jadi lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dengan sopir. Setelah mencapai daerah Ijen, Anda juga akan memerlukan sepeda motor atau trekking untuk mencapai kawahnya.
  3. Pantai Prigi:
    • Pantai Prigi berjarak sekitar 20 km dari Pasuruan, dan Anda dapat mencapainya dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, atau taksi. Jika Anda menginap di salah satu penginapan di Pasuruan yang dekat dengan pantai, Anda bahkan dapat berjalan kaki jika Anda suka.
  4. Air Terjun Coban Baung:
    • Air Terjun Coban Baung berjarak sekitar 30 km dari Pasuruan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dengan sopir. Setelah mencapai area parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 15-20 menit menuju air terjun.
  5. Agrowisata Kebun Teh Wonosari:
    • Agrowisata ini terletak sekitar 15 km dari Pasuruan, dan Anda dapat mencapainya dengan kendaraan pribadi atau sepeda motor. Jalan menuju kebun teh biasanya cukup baik.
  6. Taman Wisata Alam Gunung Wilis:
    • Gunung Wilis berjarak sekitar 10 km dari Pasuruan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, atau taksi untuk mencapainya. Jalan menuju taman ini biasanya cukup baik, tetapi perhatikan kondisi jalan di musim hujan.

Selama perjalanan Anda, pastikan untuk mempertimbangkan faktor cuaca dan kondisi jalan. Selalu utamakan keselamatan Anda dan ikuti aturan lalu lintas. Jika Anda tidak familiar dengan daerah tersebut, menyewa sopir yang berpengalaman dapat menjadi pilihan yang bijak.

Tinggalkan Balasan