Ditengah gaya hidup modern yang semakin tidak bisa terbendung, kinu urusan cucian pun sudah mulai banyak yang mempercayakan kepada laundry koin automatis. Hal ini membuat peluang dan potensi dari bisnis laundry masih cukup terbuka. Jika Anda ingin membuka usaha laundry namun tidak ingin merasa direpotkan, maka membuka laundry koin adalah hal yang bisa dipertimbangkan. Peluang Usaha Laundry Koin sendiri masih cukup terbuka di Indonesia.

Terlebih saat ini masih belum terlalu banyak bisnis usaha laundry koin yang berada di Indonesia. Laundry Koin adalah jenis layanan laundry dengan sistem mandiri yakni pelanggan mencuci sendiri pakaiannya dengan mesin cuci dan pengering yang ada di gerai laundry tersebut. Cara mengoperasikan mesin cuci dan pengering pun cukup mudah yakni menggunakan koin, token, atau uang logam.

Peluang Usaha Laundry Koin Yang Memiliki Sejumlah Keuntungan

Saat ini tidak sedikit orang yang merasa khawatir ketika menggunakan jasa laundry konvensional. Pakaian yang bisa tertukar, tidak higienis, dicampur dengan cucian orang lain, dan bahkan juga pencucian yang terlalu lama adalah beberapa kekhawatiran yang biasa dimiliki oleh pelanggan laundry konvensional.

Baca juga : Franchise laundry dengan modal di bawah 100 juta

Namun dengan adanya laundry koin maka permasalahan tersebut dapat diatasi karena pelanggan dapat mencuci dan mengeringkan pakaian secara mandiri tanpa perlu khawatir pakaiannya dicuci bersama orang lain. Maka dari itu, Peluang Usaha Laundry Koin sendiri masih cukup terbuka dan bisa menjadi alternatif pilihan laundry yang bisa dicoba. Lalu apa saja keuntungan dari membuka jasa laundry koin? Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Proses Bisnisnya Yang Cukup Sederhana

Tidak seperti usaha laundry konvensional pada umumnya yang mengharuskan pemilik usaha untuk mencuci, mengeringkan, dan bahkan menyetrika pakaian pelanggan. Usaha laundry koin ini bersifat mandiri sehingga Anda hanya perlu menyediakan mesin cuci dan pengering lalu membiarkan para pelanggan menggunakan mesin tersebut untuk mencuci dan mengeringkan pakaian mereka.

2. Tidak Membutuhkan Banyak Karyawan

Mengingat bahwa bisnis laundry koin merupakan usaha yang berbasis self-service atau mandiri, maka pelanggan harus melakukannya secara mandiri mulai dari mencuci hingga mengeringkan pakaian mereka. Dengan demikian, Anda tidak membutuhkan banyak karyawan untuk mengelola bisnis laundry yang satu ini.

3. Biaya Operasional Yang Cukup Rendah

Berbicara tentang Peluang Usaha Laundry Koin tentu juga tidak bisa dipisahkan dari masalah biaya operasional yang dimilikinya. Seperti yang sudah diketahui bahwa jasa laundry koin adalah layanan mandiri sehingga tidak terlalu membutuhkan banyak karyawan. Hal ini akan memberikan implikasi berupa pengurangan biaya operasional yang cukup signifikan karena tidak banyak pengeluaran untuk karyawan.

4. Bisa Untuk Buka 24 Jam

Keuntungan berikutnya yang bisa didapatkan dari jasa laundry koin adalah jasa ini bisa buka 24 jam. Mesin laundry yang memang sudah dikhususkan untuk menjadi mesin laundry koin pada dasarnya memiliki sifat dan kualitas yang cukup bandel. Mesinnya cukup awet dan bisa digunakan untuk membuka jasa laundry 24 jam. Tentu hal ini bisa digunakan untuk menyasar konsumen yang sibuk di siang hari dan baru memiliki waktu luang untuk mencuci di malam hari.

5. Menurunkan Risiko Komplain Dari Pelanggan

Jasa laundry koin mengharuskan para pelanggan untuk mencuci pakaiannya secara mandiri. Maka dari itu segala risiko yang berkaitan dengan pencucian pakaian tersebut menjadi tanggung-jawab sepenuhnya dari pelanggan yang bersangkutan. Ketika pelanggan sudah mengoperasikan unit mesin pencucian maka tanggung-jawab pencucian sepenuhnya sudah berada di tangan pelanggan.

Itulah ulasan mengenai Peluang Usaha Laundry Koin dan keuntungan yang bisa didapatkan dengan membuka jasa laundry koin. Dengan adanya beberapa keuntungan di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk membuka usaha laundry koin?

Komentar