Paket Usaha Air Minum Dalam Kemasan AMDK , Ini Perhitungan Modal yang Diperlukan

Air minum menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Mengingat tingginya permintaan terhadap air minum, kini bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pun semakin banyak dilirik oleh sejumlah kalangan. Terutama bagi mereka yang memang berani mengeluarkan modal dalam jumlah besar untuk membangun instalasi AMDK. Lalu seberapa besarkah biaya yang dibutukan untuk membuka paket usaha air minum dalam kemasan AMDK?

Komponen Biaya Pembuatan Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Sebelum menjawab tentang seberapa besar kisaran biaya untuk membuka paket usaha air minum dalam kemasan AMDK terlebih dahulu Anda perlu mengetahui mengenai komponen apa saja yang mungkin diperlukan dalam pembuatan pabrik air minum tersebut. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Bangunan Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Ini adalah komponen penting dalam pembuatan usaha air minum dalam kemasan. Anda membutuhkan suatu pabrik yang akan menjadi tempat produksi AMDK tersebut. Pastikan bahwa bangunan ini memenuhi standar SNI dan juga BPOM agar bisa beroperasi secara optimal.

2. Mesin Produksi AMDK

Komponen-kompone Lain pengeluaran biaya yang berikutnya adalah terkait dengan mesin untuk memproduksi AMDK. Mesin yang dimaksud di sini mulai dari mesin filtrasi hingga mesin pengisian dan juga packing.

3. Izin Usaha Pabrik AMDK Anda

Ketika ingin mendirikan paket usaha air minum dalam kemasan AMDK, Anda juga membutuhkan yang namanya izin usaha agar pabrik Anda dapat beroperasi secara legal.

4. Bahan Baku Untuk Produksi AMDK

Komponen biaya yang perlu ditanggung selanjtnya adalah masalah bahan baku untuk memproduksi AMDK tersebut. Beberapa bahan baku yang dibutuhkan mulai dari cup dengan beragam ukuran, botol dengan berbagai varian volume, sedotan, galon, kardus, tisu, dan lain sebagainya.

5. Kendaran Operasional

Sebagai sebuah perusahaan tentu Anda membutuhkan yang namanya kendaraan operasional. Hal ini bertujuan agar proses pemasaran dan operasional perusahaan Anda bisa berjalan secara lebih maksimal dan optimal.

6. Lain-lain

Komponen biaya ini juga sangat perlu untuk diperhatikan mengingat ada cukup banyak kebutuhan untuk membangun sebuah pabrik air minum dalam kemasan. Biaya lain-lain ini digunakan untuk berbagai hal mulai dari perlengkapan gudang, sparepart, perawatan, dan lain sebagainya.

Kisaran Rekapitulasi Perhitungan Modal Yang Diperlukan

Setelah mengetahui rincian kemungkinan pengeluaran yang dibutuhkan untuk membangun paket usaha air minum dalam kemasan AMDK, kini saatnya bagi Anda untuk memperkirakan rekapitulasi kebutuhan modal yang diperlukan untuk membangun pabrik AMDK. Sebagai gambaran, berikut adalah perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membuat pabrik AMDK.

Keterangan Perkiraan Biaya
Bangunan Pabrik Air Minum Rp 450.000.000
Perlengkapan mesin produksi AMDK Rp 400.000.000
Izin Usaha Rp 60.000.000
Bahan Baku ProduksiĀ  Rp 100.000.000
Biaya Alat Laboratorium Rp 40.000.000
Perlengkapan Kantor Rp 30.000.000
Peralatan Gudang Rp 20.000.000
Kendaraan Operasional Dan Transportasi Rp 90.000.000
Sparepart dan bahan habis pakai Rp 25.000.000
Tangki Penampung Air Rp 40.000.000
Pendingin Ruangan Rp 15.000.000
Instalasi Listrik Menyeluruh Rp 40.000.000
Furnitur kebutuhan kantor dll Rp 20.000.000
TOTAL Rp 1.276.000.000

 

Semua data yang telah dituliskan di atas merupakan perkiraan semata yang disesuaikan dengan beberapa kondisi yang ada. Nilai sesungguhnya bisa saja berbeda seiring dengan adanya kenaikan ataupun penurunan biaya parameter yang digunakan.

Demikianlah kisaran rentang modal yang diperlukan untuk mendirikan paket usaha air minum dalam kemasan AMDK. Seperti yang sudah diduga sebelumnya bahwa untuk mendirikan suatu pabrik air minum tidaklah membutuhkan modal yang kecil. Diperlukan modal-modal dalam jumlah yang besar untuk turut serta meramaikan persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar air minum dalam kemasan.

Komentar