Memulai Usaha Cafe Atau Restoran Dengan Kontainer – Lengkap Dengan Perhitungan Modal Dan Keuntungan

Berikut ini adalah panduan lengkap cara Memulai Usaha Cafe Atau Restoran Dengan Kontainer – Lengkap Dengan Perhitungan Modal Dan Keuntungannya

 

Membuka usaha cafe ataupun restoran sederhana menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati oleh sejumlah orang. Hal ini dikarenakan usaha bisnis cafe ini masih memiliki prospek dan target pasar yang cukup potensial. Maka dari itu, banyak yang berupaya untuk memulai usaha cafe atau restoran dengan kontainer karena dipandang bisa lebih hemat dan juga lebih praktis digunakan.

Bisnis cafe merupakan salah satu bisnis alternatif yang akan semakin menarik untuk digeluti jika Anda mengetahui selera anak muda yang menjadi target market Anda. Guna membuat tampilan cafe yang Anda miliki menjadi semakin menarik, Anda perlu mendesain dan menambahkan sejumlah hal yang cukup unik dan menarik pada cafe atau restoran yang Anda miliki.

Tips Memulai Usaha Cafe Atau Restoran Dengan kontainer Yang Perlu Anda Perhatikan

Sebelum membahas secara lebih jauh tentang tips untuk memulai usaha cafe, ada baiknya jika terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa itu pengertian dari cafe. Menurut laman Wikipedia, Kafe (dari bahasa Prancis : Cafe) secara harfiah merupakan minuman kopi. Namun istilah ini mengalami perkembangan makna menjadi tempat untuk minum-minum yang bukan hanya sekedar kopi saja.

Sementara itu, di Indonesia kafe memiliki makna sebagai tempat sederhana akan tetapi cukup menarik yang menyediakan berbagai macam makanan dan juga minuman dan memiliki tampilan desain yang sangat menarik.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha cafe atau restoran dengan container, berikut adalah beberapa tips penting yang perlu dicermati.

1. Pilih Tempat Yang Ramai Dan Strategis

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memulai usaha cafe atau restoran adalah memilih lokasi yang strategis serta cukup dekat dengan target pasar Anda. Untuk menarik pengunjung, Anda tidak perlu menyewa lahan di mall atau yang lainnya. Namun di pinggir jalan yang ramai dan strategis pun Anda tetap memiliki peluang untuk bisa mendapatkan pengunjung yang mumpuni.

Anda perlu membuat tempat yang cukup nyaman bagi pengunjung. Tempat yang nyaman bisa menjadi salah satu pendukung yang mumpuni untuk membuat para pengunjung menjadi lebih betah untuk berkunjung ke kafe atau restoran Anda. Pada umumnya, semakin nyaman tempat yang tersedia maka peluang untuk menarik minat para pengunjung pun semakin besar sehingga peluang untuk mendapatkan omzet menjadi lebih meningkat.

2. Sediakan Satu Atau Dua Menu Unggulan Cafe Anda

Tips memulai usaha cafe atau restoran dengan container yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah dengan menyediakan satu atau dua menu unggulan pada cafe yang Anda miliki. Ketika membuka usaha cafe atau restoran, rasa makanan adalah hal yang sangat penting karena hal inilah yang juga bisa menarik minat para pengunjung untuk mendatangi cafe yang Anda miliki.

Selain cita rasa, kualitas dan kebersihan pun harus diutamakan. Pastikan Anda menjaga kebersihan dan berbagai hal lainnya untuk membuat para pengunjung menjadi semakin nyaman. Tidak ada salahnya juga jika Anda menyediakan satu atau dua menu andalan sehingga membuat cafe Anda menjadi semakin menarik untuk dikunjungi.

3. Gunakan Strategi Pemasaran Yang Optimal

Ketika memutuskan untuk memulai usaha cafe atau restoran dengan container terlebih dahulu Anda perlu mengembangkan strategi pemasaran yang optimal untuk menjangkau para pelanggan yang menjadi target Anda. Jika Anda sudah memiliki target market yang jelas dan spesifik, maka desain interior tampilan kafe yang Anda miliki pun sebisa mungkin perlu disesuaikan dengan target pasar yang Anda miliki tersebut.

Hal ini bertujuan agar promosi Anda menjadi semakin maksimal dan optimal karena mendapatkan dukungan dan strategi pemasaran yang baik. Apabila demikian, maka peluang untuk mendatangkan omzet bisa semakin meningkat.

4. Gunakan SDM Yang Handal Ketika Memulai Usaha Cafe Atau Restoran Dengan Container

Tips berikutnya yang tidak boleh diabaikan ketika ingin membuka usaha cafe adalah dengan menggunakan dukungan SDM yang handal. Dukungan SDM yang handal ini diperlukan dalam rangka untuk mendukung kinerja dari bisnis yang Anda kelola. Anda perlu menempatkan orang-orang terbaik yang bisa memasak ataupun barista yang mumpuni dalam meracik kopi sehingga menghasilkan cita rasa berkualitas untuk pelanggan Anda.

Selain itu, dukungan waiters yang mumpuni pun sangat diperlukan. Anda perlu memiliki waiters yang ramah, sopan-santun, dan mampu melakukan tugas dengan baik agar bisa membuat konsumen menjadi puas ketika berkunjung ke tempat Anda.

5. Persiapan Modal Yang Mencukupi

Tips penting lainnya yang tidak boleh diabaikan ketika ingin memulai usaha cafe atau restoran dengan container adalah menggunakan modal yang mencukupi. Bisa dikatakan bahwa hal ini merupakan faktor yang sangat krusial karena akan bisa menentukan jalannya bisnis kafe yang Anda kelola.

Anda perlu menghitung perkiraan modal dengan cermat dan hati-hati agar tidak salah perhitungan. Sebagai saran tambahan, ada baiknya jika Anda memiliki modal cadangan yang selama beberapa bulan untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya belum ada banyak pelanggan yang mengunjungi kafe Anda.

Analisis Perkiraan Usaha Cafe Sederhana

Bagi Anda yang ingin memulai usaha cafe atau restoran dengan container, berikut adalah perkiraan analisis sederhana terkait modal, biaya operasional, dan peluang omzet yang bisa didapatkan. Tentu saja hal ini bukanlah sesuatu yang mutlak karena hanya perkiraan saja. Untuk nilai dan hasil yang sebenarnya bisa saja berbeda bergantung pada lokasi dan juga faktor-faktor lainnya.

Perkiraan Modal Awal

Modal awal biasanya lebih banyak digunakan untuk beberapa hal seperti sewa atau renovasi tempat, peralatan, dan lain sebagainya. Sebagai gambaran, berikut adalah perkiraannya.

  • Beli kontainer plus modifikasi : Rp 40.000.000
  • Membeli Peralatan Masak : Rp 3.000.000
  • Meja Dan Kursi : Rp 3.000.000
  • Lain-lain : Rp 2.000.000
  • Jumlah Perkiraan Modal Awal : Rp 48.000.000

Biaya Untuk Operasional

Ketika memulai usaha cafe atau restoran dengan container, biasanya biaya operasional ini relatif cukup murah untuk tiap bulannya. Sebagai gambaran, berikut adalah perkiraan biaya operasional yang dibutuhkan tiap bulannya.

  • Biaya Sewa lahan/bulan : Rp 400.000
  • Gaji Karyawan ( anggap punya 2 karyawan dengan gaji @Rp 1.000.000) : Rp 2.000.000
  • Bahan-bahan Masakan Dan Minuman : Rp 8.000.000
  • Biaya Listrik dan Air : Rp 300.000
  • Promosi online dan Lain-lain : Rp 500.000
  • JUMLAH : Rp 11.200.000

Estimasi Pendapatan Dan Keuntungan Perbulan

Anggap saja bahwa setiap hari cafe Anda berhasil mendatangkan pelanggan sejumlah 50 orang perhari dengan keuntungan penjualan masing-masing pelanggan adalah Rp 10.000. Maka estimasi penghasilan yang akan Anda dapatkan adalah sebesar :

Pendapatan = 50 orang x 30 hari x Rp 10.000

= Rp 15.000.000

Dengaan perkiraan pendapatan perbulan seperti di atas, maka besarnya keuntungan atau laba bersih yang bisa didapatkan kurang lebih adalah sekitar :

Keuntungan = Pendapatan – Biaya Operasional = Rp 15.000.000 – Rp 11.200.000

= Rp 3.800.000

Dengan estimasi keuntungan tersebut maka Anda akan bisa balik modal dalam kurun waktu sekitar 9 bulan.

Demikianlah ulasan mengenai cara memulai usaha cafe atau restoran dengan kontainer yang perlu Anda ketahui. Kini dengan ulasan di atas, Anda bisa memperkirakan peluang usaha bisnis kafe yang ingin Anda kembangkan.

 

 

Komentar