Saat ini banyak anak muda yang memiliki minat berwirausaha namun bingung menentukan jenis usaha apa yang akan dimulainya. Kamu bisa mempertimbangkan usaha Pet Shop sebagai pilihannya. Ingin Buka Pet Shop? Ini yang Perlu Kamu Siapkan. Semoga dapat memberikan insipirasi, ya.

Ini yang Perlu Kamu Siapkan: Business plan

Business plan merupakan hal pertama dalam menjalankan sebuah usaha. Merancang business plan bisa membantu kamu untuk tetap berjalan di koridor dalam menjalankan usahamu. Nah, business plan apa yang perlu disiapkan:

  • Jenis Hewan yang berada di pet shop

Berhubung berbicara tentang pet shop, kamu harus menetukan hewan-hewan apa saja yang akan menjadi perhatian kamu. Apakah sebatas kucing dan anjing? Atau kamu juga berminat menambahkan hamster, kura-kura, atau pun burung? Penentuan ini penting sebelum kamu melanjutkan ke tahap berikutnya.

 

  • Fasilitas yang ditawarkan

Sekarang saatnya kamu menentukan fasilitas dan pelayanan apa saja yang aka nada di pet shop. Apakah jasa mandi dan menjual makanannya? Atau kamu juga ingin menawarkan fasilitas dokter hewan, aksesoris, vitamin dan obat untuk hewan? Hal ini disesuaikan dengan kemampuan modal yang kamu miliki

  • Tentukan ‘faktor X’ yang jadi ciri khas pet shop kamu.

Pikirkan baik-baik, apa yang akan kamu jadikan ‘Faktor X’ yang hanya bisa didapatkan customer dari Pet Shop kamu?

 

Ingin Buka Pet Shop? Ini yang Perlu Kamu Siapkan:  Segmentasi pasar

Segmentasi pasar juga merupakan komponen penting sebelum membuka usaha pet shop. Segmentasi berfungsi untuk membantu kamu untuk fokus memasarkan produk usaha pet shop kepada pembeli yang tepat. Bagaimana cara menentukan segmentasi pasar yang tepat:

  • Cari tahu apa jenis pet dan berapa banyak yang memiliki pet di sekitar lokasi pet shop.

Ini penting dilakukan ya. Jangan sampai kamu buka pet shop khusus kucing dan anjing tapi ternyata dalam radius 1 km, dominasinya adalah pecinta burung dan kadal.

 

  • Bagaimana karakteristik para pemilik pet di sekitar lokasi pet shop.

Apakah para pemilik tersebut tipikal yang sangat memanjakan hewan peliharaannya? Atau hanya sebatas memberikan makan dan asupan secukupnya?

 

  • Cari tahu siapa dan apa keungguan yang ditawarkan kompetitor.

Ini berkaitan dengan point ‘Faktor X’. Ketika kamu tau apa keunggulan dan kelemahan competitor, kamu bisa mengombinasikan apasih yang bisa diadaptasi dan apa yang perlu dievaluasi untuk diterapkan di Pet Shop kamu.

 

Ingin Buka Pet Shop? Ini yang Perlu Kamu Siapkan: Marketing dan Branding yang tepat

Business plan dan segmentasi pasar pet shop kamu saat ini sudah siap. Langkah berikutnya adalah tentukan bagaimana cara komunikasi yang paling tepat untuk menyampaikan bahwa pet shop kamu hadir untuk membantu mereka. Adapun media komunikasi yang dapat kamu pilih:

  • Social media

Social media dianggap paling murah untuk melakukan marketing dan branding dari suatu usaha jika dilakukan sendiri. Kamu pun bisa berinteraksi secara virtual dan merasa dekat 24 jam dekat potensial customer.

 

  • Flyer/brosur

Flyer dan brosur dianggap paling efektif mengetahui seberapa banyak sih potensial customer yang ada di sekitar pet shop kamu. Pada saat menyebar brosur, kamu bisa sambil menghitung dan berinteraksi secara langsung jika beruntung.

 

  • WOM (Word of Mouth)

Marketing yang satu ini dinilai yang paling membutuhkan biaya dan berdampak besar. Kamu bisa memberikan treatment gratis kepada publik figur yang ditukar dengan review positif kepada lingkungan dari public figur tersebut.  

 

Komentar