“Tiada hari tanpa sayur”, begitulah sekiranya yang bisa kita gambarkan ketika kita berbicara mengenai menu makanan di setiap harinya. Sayur merupakan salah satu bagian dari kebutuhan pokok setiap keluarga, dimana sayur digunakan sebagai bahan pokok dalam memasak. Disamping rasanya yang lezat, ia juga kaya akan vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Dimana sayur merupakan pelengkap untuk menunjang terpenuhinya makanan yang bergizi, yang terkumpul dalam satu rangkaian yaitu “4 Sehat 5 Sempurna”.

Mengingat akan pentingnya sayur dalam menu makanan sehari hari, hal itu menjadikan permintaan sayur dipasaran memiliki angka yang tinggi. Dengan adanya hal tersebut, dapat, menjadi salah satu peluang yang besar untuk merintis bisnis sebagai penjualan sayur, karena pada dasarnya berjualan bahan pokok dapat menjadi bisnis yang menjanjikan disetiap harinya.

Beberapa cara dalam memulai usaha jualan sayur keliling

Sebagai pemula dalam berdagang sayur, alangkah baiknya untuk memulainya dengan bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan berjualan sayur keliling, dimana keberadaan pedagang sayur keliling seringkali diananti oleh sebagian besar konsumen memiliki waktu yang sedikit untuk berbelanja di pasar sendiri.

Berkaitan dengan hal diatas, akan dipaparkan beberapa cara dalam memulai usaha jualan sayur keliling

  1. Siapkan modal

Dalam sebuah usaha atau bisnis tentu tidak terlepas dari sebuah modal. Dimana hal itu menjadi kebutuhan awal seseorang untuk merintis sebuah usaha. Untuk penjual sayur keliling sneidiri sekiranya tidak terlalu membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya, karena masih masuk kategori pedagang kecil-kecilan. Minimal modal yang dibutuhkan kira-kira sekitar 1 sampai 2 juta untuk menyiapkan tempat dan membelai berbagai macam jenis sayuran.

  1. Siapkan kendaraan dan tempat sayur

Sebagai penunjang dalam memulai usaha pedagang sayur keliling dibutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi keliling, minimal sepeda motor atau jika ingi lebih besar lagi bisa menggunakan mobil bak. Selain itu siapkan juga grobak sayur sebagai tempat untuk meletakan dan menata sayur yang dijual.

  1. Pilih pemasok sayur yang murah

Sebagai penjual carilah pemasook sayur dipasar induk yang tidak terlalu tinggi harganya, atau jika bisa pasoklah sayur dari petani langsung. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan sayur dengan harga murah, dan dapat menentukan harga yang dapat bersaing dengan harga pasaran dan akan tetap mendapat keuntungan.

  1. Sediakan berbagai macam sayur

Sebagai pedagang yang ingin dicari setiap orang, sediakanlah sayuran yang komplit. Dimana hal itu dapat menjadi salah satu faktor untuk menarik para pelanggan, karena mereka cenderung akan mendatangi penjual yang menyediakan berbagai macam jenis sayuran yang dibutuhkan.

  1. Pilih tempat jualan yang stategis

Sebagai sebuah penjual, memilih tempat yang strategis untuk berjualan menjadi salah satu faktor yang penting untuk menunjang kesuksesan dalam berdagang. Terkait dengan penjual sayur keliling, alangkah lebih efektifnya carilah lokasi yang sekiranya jauh dari pasar tradisional, sehingga para ibu-ibu akan lebih cenderung untuk lebih memilih belanja sayur keliling yang lebih terjangkau tempat dan waktunya.

  1. Berikan pelayanan yang baik

Penjual yang ramah akan lebih cenderung disenangi oleh para pembeli. Maka dari itu, jadilah penjual sayur keliling yang ramah dan menjaga sikap dalam berjualan, sehingga hal tersebut dapat menjadi kepuasan tersendiri bagi para pembeli. Karena keramahan penjual akan mejadi daya tarik tersendiri dalam mencari pelanggan.

  1. Jaga kebersihan tempat jualan

Salah satu yang disoroti seorang pembeli ketika belanja yaitu tempatnya, karena kebersihan tempat berjualan sangat mempengaruhi perspektif pembeli dalam berbelanja. Jadi alangkah baiknya apabila penjual sayur keliling juga senantiasa menjaga kebersiahan gerobak yang digunakan sebagai tempat menata sayuran yang akan dijual.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan dan mejadi pertimbnagan ketika ingin memulai usaha sebagai penjual sayur keliling.

 

 

 

 

Komentar