IG : @dwi_b.rachmat @satulangitdronecommunity

Monumen Bambu Runcing Terletak di jantung Kota Surabaya, dibangun di atas Jalan Panglima Sudirman yang merupakan jalan utama dengan lalu lintas padat. Bambu Runcing merupakan ikon kota Surabaya selain Tugu Pahlawan. Wisatawan dengan kendaraan kecil dan besar dapat parkir di sekitar taman di sisi timur jalan raya. Di pinggir Jalan Embong Ploso yang menjadi pertemuan terdapat taman yang cukup tenang sehingga banyak dimanfaatkan para pengendara sepeda motor untuk beristirahat sejenak melepas penat.

 

IG @masemuncil

Monumen Bambu Runcing dibangun untuk menghafal semangat bela diri Rakyat Surabaya (arek-arek Suroboyo) melawan penjajah dengan senjata tambal sulam meski hanya dengan sebilah bambu yang bagian punggungnya meruncing. Tanggal 10 November 1945 adalah perjuangan tonggak Rakyat Indonesia menyebabkan ditetapkannya Hari Pahlawan.

Tugu ini terdiri dari 5 tiang dan tiang beton tingginya tidak seragam; itu dibentuk agar terlihat seperti bambu runcing. Ketinggian bambu runcing tertinggi diperkirakan beberapa meter. Pada saat-saat tertentu, pompa air diimplementasikan sehingga air akan keluar dari setiap lubang bambu. Beragam tanaman hias warna warni mengelilingi tugu ini sehingga terlihat tenang dan segar.

Setelah selesai mengunjungi monumen Bamboo Runcing, wisatawan dapat melanjutkan ke Kebun Binatang Surabaya, selain melihat koleksi binatang itu juga tempat yang cocok untuk melepaskan kepenatan karena telah diteduhi oleh pohon-pohon besar. Atau untuk melanjutkan perencanaan acara wisata biaya maka Tunjungan Plaza dan Surabaya Plaza adalah pusat perbelanjaan terdekat dan lengkap karena tenang dan memiliki banyak counter dan produk yang memiliki pasar yang beragam.

 

Jalan Kayoon sebagai pusat penjualan tanaman hias baik daun maupun bunga merupakan tempat alternatif perjalanan yang tepat bagi seseorang yang mempunyai hobi khususnya ibu-ibu dan anak-anak perempuan. Mulai anggrek hingga aglaonema tersusun rapi mengganggu pandangan mata.

Bagaimana
Menuju Sana Monumen Bambu Runcing terletak di jantung kota Surabaya, di tengah jalan Panglima Sudirman. Para pengunjung yang datang ke Surabaya untuk bisa langsung mengenali keberadaan monumen ini sudah saatnya menyebrang. Lokasi tugu juga terletak dekat dengan Kebun Binatang Surabaya, Tunjungan Plaza, Plaza Surabaya dan Tugu Pahlawan Surabaya. Tempat ini bisa anda dapatkan bila mengunjungi Kebun Binatang Surabaya yang merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang populer. Jika Anda sedang berkunjung ke Surabaya namun tidak memiliki budget yang cukup untuk menyewa hotel berbintang, referensi hotel murah di Surabaya untuk membantu Anda membuat pilihan.

Tempat Menginap
Akomodasi sebagian besar tersedia di Monumen Bambu Runcing. Mereka memiliki fasilitas dan harga yang berbeda. Sebagai referensi, ada beberapa hotel berbintang atau hotel budget seperti:

  • Pusat Kota Pullman Surabaya
  • Suite Grand Darmo
  • Hotel Ibis Surabaya City Center
  • Hotel Citihub

Komentar