Fakta Surabaya

Fakta tentang Kota Surabaya dimulai dari :

INFORMASI UMUM

Surabaya (dulu bahasa Belanda: Soerabaja, bahasa Jawa: Suroboyo) adalah ibu kota Jawa Timur (Jawa Timur) dan kota terbesar kedua di Indonesia. Terletak di timur laut pulau Jawa dan di sepanjang tepi Selat Madura. Kota ini dikenal sebagai Kota Pahlawan “kota pahlawan” karena pentingnya Pertempuran Surabaya dalam menggalang dukungan Indonesia dan internasional untuk kemerdekaan Indonesia selama Revolusi Nasional Indonesia. Surabaya pernah menjadi kota terbesar di Hindia Belanda dan hampir menjadi pusat perdagangan bangsa, melebihi Batavia, bersaing dengan Singapura dan Hong Kong.

Surabaya (Suroboyo) dipercaya secara lokal mendapatkan namanya dari kata “suro” (hiu) dan “boyo” (buaya), dua makhluk yang dalam mitos lokal saling bertarung untuk mendapatkan gelar “yang terkuat. dan hewan paling kuat ”di area tersebut.

 

Surabaya merupakan pusat perdagangan Kerajaan Majapahit, Singhosari dan Kediri. Saat ini Surabaya menjadi kota industri modern, pusat ekonomi dan perdagangan di Jawa Timur, serta rumah bagi Angkatan Laut. Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan ekonomi di Jawa Timur dan sekitarnya. Sebagian besar penduduk bergerak di bidang jasa, industri dan perdagangan. Banyak perusahaan besar yang berkantor pusat di Surabaya.

 

WAKTU TERBAIK UNTUK MENGUNJUNGI

Sepanjang tahun.

Bagaimana jangkauan kota Surabaya?

Dengan pesawat: Surabaya memiliki 2 bandara besar bernama Terminal 1 Juanda dan Terminal 2. Terminal 1 melayani penerbangan domestik dan maskapai penerbangan. Sedangkan Terminal 2 melayani penerbangan internasional dan maskapai internasional seperti Garuda dan Air Asia. Kedua bandara tersebut tidak berdampingan, jadi pastikan bandara mana Anda tiba / berangkat.

Dengan Kereta Api: Surabaya memiliki 3 stasiun yang melayani rute berbeda. Stasiun kereta api utama adalah Stasiun Pasar Turi, dan 2 lainnya adalah Stasiun Gubeng dan Surabaya Kota. Ketiga stasiun tersebut melayani semua tujuan ke kota-kota kecil di Jawa.

Dengan bus: Terminal bus utama adalah Terminal Purabaya, melayani semua tujuan di sebagian besar kota.

 

TUJUAN wisata di kota Surabaya

Museum Bank Indonesia adalah museum bank yang menempati bekas De Javasche Bank yang dibangun pada tahun 1904.

Masjid Al-Akbar adalah masjid yang megah dan modern, serta merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini memiliki dua lantai dan dilengkapi dengan elevator dan tower. Pengunjung yang datang ke masjid juga dapat menikmati pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo dan Bangkalan dari atas menara setinggi 99 meter tersebut.

Patung Four Face Buddha berukuran 9 × 9 meter ini memiliki kubah yang mencapai 36 meter terlihat megah karena bahan pembuatannya menggunakan lapisan emas murni yang didatangkan langsung dari Thailand.

Masjid Cheng Ho memiliki arsitektur oriental dengan sentuhan seni yang melambangkan akulturasi Tionghoa, Jawa dan Islam. Akulturasi dituangkan ke dalam campuran warna hijau, berubah menjadi kuning dan merah. Nama Masjid Cheng Ho diambil dari nama Laksamana Cheng Ho, seorang Laksamana China dan menjadi Muslim pada saat masuk ke Majapahit. Masjid Cheng Ho terinspirasi oleh Masjid Niu Jei di Beijing, Cina.

Museum Kesehatan Adhyatma memamerkan beberapa peralatan medis bersejarah sejak dahulu kala hingga saat ini. Koleksi ini juga mencakup semua benda bersejarah dalam pelayanan kesehatan di berbagai daerah, ras / suku, agama / kepercayaan, dll.

Rumah Batik Jawa Timur, Rumah Batik memiliki ragam koleksi batik dari 16 kabupaten yang memiliki corak yang beragam dan khas disetiap daerahnya. 16 Kecamatan tersebut antara lain Batik Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Malang, Batu, Jombang, Kediri, Pacitan, Banyuwangi, Jember, Tulungagung. Tempat ini juga menyediakan pelajaran membatik singkat yang bisa Anda bawa pulang.

House of sampoerna, gedung ini sebelumnya digunakan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh Belanda, kemudian dibeli pada tahun 1932 oleh Lim Seeng Tee, pendiri Sampoerna, dengan maksud untuk menggunakan rokok produksi Sampoerna yang pertama. HOS bercerita tentang keluarga pendiri Sampoerna, untuk mencermati proses pelintingan rokok.

Gereja Kepanjen Katholik / Gereja Gothic, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria adalah gereja tertua di Surabaya. Dibangun oleh Philip Wedding dari Belanda yang sedang berlayar ke Surabaya untuk menyebarkan agama Katolik. Dengan bertambahnya hari, jumlah anggota gereja yang terus bertambah, maka ia memutuskan untuk mendirikan Gereja Kepanjen.

Gedung PTPN merupakan perpanjangan dari PT. Perkebunan Nusantara, salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perkebunan tebu yang memproduksi gula pasir dan molase sebagai produk utama berupa alkohol dan minuman beralkohol. Gedung ini merupakan salah satu gedung terbesar di surabaya pada masanya yang menghabiskan 3.000 m3 beton dalam pembangunannya dan masih kokoh terawat hingga saat ini.

Monumen Kapal Selam, kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada TNI AL buatan Uni Soviet pada tahun 1952. Kapal selam tersebut pernah terlibat dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Papua Barat dari penjajahan Belanda. Kapal selam tersebut memiliki panjang 76,6 meter dan lebar 6,30 meter serta dilengkapi dengan gas uap torpedo berjumlah 12 buah.

Masjid Sunan Ampel di Kota Arab, salah satu masjid tertua dan masjid terpadat di Surabaya, Masjid Ampel memiliki keterkaitan tertentu dengan ‘Sunan Ampel’ yang merupakan salah satu ‘Wali Songo’ yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam. di Jawa. Seperti Kota Arab, kawasan ini banyak dikunjungi bagi mereka yang ingin membeli sesuatu untuk Ramadhan atau barang Islami seperti, tasbih, sajadah, mukenah, kerudung dll. Selain itu, Kota Arab memiliki berbagai pilihan menu untuk masakan Arab atau India. Masakan.

Tugu Pahlawan dibangun untuk menghormati para prajurit Surabaya yang tewas pada saat pertempuran besar melawan pasukan sekutu yang dilumpuhkan oleh NICA, dan yang hendak menduduki Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Tugu Pahlawan tersebut terletak di depan gubernur. Dibangun dalam bentuk paku terbalik dengan ketinggian 40,45 meter. Di bawah tugu tersebut dihiasi dengan pahatan “Trident” bergambar, “Chakra ‘,’ ‘Stamba” dan’ “Padma” sebagai simbol pemadam kebakaran. Di dalam monumen ini, adalah Museum 10 November. Museum Sepuluh November dibangun untuk memperjelas keberadaan Tugu Pahlawan dan sebagai penyimpangan bukti sejarah pada 10 November 1945.

Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5,438 meter. Jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Pulau Madura ini dibangun dalam waktu enam tahun dan menelan biaya sekitar 4,5 triliun rupiah.

SUHU

Surabaya memiliki iklim tropis basah dan kering, dengan musim hujan dan kemarau yang khas. Musim hujan kota berlangsung dari November hingga Juni, sedangkan musim kemarau mencakup lima bulan tersisa. Tidak seperti beberapa kota dan wilayah dengan iklim tropis basah dan kering, suhu tinggi dan rendah rata-rata sangat konsisten sepanjang tahun, dengan suhu tinggi rata-rata sekitar 31 derajat Celcius dan suhu rendah rata-rata sekitar 26 derajat Celcius.

 

KULINER

Berikut beberapa kuliner terbaik Surabaya:

 

Rujak Cingur, moncong sapi yang diasinkan atau bibir dan hidung (cingur), disajikan dengan sayur rebus dan kerupuk udang. Kemudian dibalut dengan saus yang terbuat dari terasi fermentasi karamel (petis), kacang tanah, cabai, dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan lontong, lontong rebus. Rujak Cingur dianggap makanan tradisional Surabaya di Jawa Timur.

Rawon, sup daging sapi berwarna gelap, disajikan dengan tauge kacang hijau dan sambal di mana-mana. Warna gelap (hampir hitam) berasal dari kacang kluwak (Pangium edule).

Lontong balap, secara harfiah berarti “kue beras balap”, yaitu sepiring kue beras, tahu goreng, dan tauge, disiram dengan kecap manis dan sambal. Dulu para penjaja lontong balap membawa barang dagangannya di dalam guci logam berat yang besar. Beban yang berat membuat mereka harus berjalan sangat cepat sambil menggendongnya, sehingga mereka terlihat seperti sedang “berlomba”.

Tahu tek, masakan berisi tahu goreng yang dipotong-potong, sayuran rebus (kebanyakan tauge), kentang, disiram saus kacang. Sausnya berisi pasta udang fermentasi karamel (petis), cabai, dan bawang putih.

Tahu campur, sop daging dan jeroan, dicampur dengan sayuran segar, kentang, lontong, dan tahu. Bahan rahasianya adalah terasi fermentasi karamel (petis) yang dicampur sebelum disajikan.

Semanggi, rujak yang terbuat dari daun semanggi (M. crenata) rebus yang tumbuh di sawah. Itu dibalut dengan saus kacang pedas.

 

PERHATIAN DIPERLUKAN

Sikap positif sepanjang waktu

Pakaian yang nyaman

Bawa kamera dan perlengkapannya

Siapkan perut Anda untuk berwisata kuliner

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah dan budaya, datanglah ke Surabaya. Kami akan mengajak Anda menjelajahi banyak tempat bersejarah dan memadukannya dengan wisata kuliner.

Komentar