25 tempat yang harus anda kunjungi saat berada di Surabaya

Kota Surabaya di Jawa Timur adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Ini juga merupakan salah satu bagian terpenting negara secara historis dan ada berbagai atraksi menarik yang membuatnya layak untuk di kunjungi dan menghabiskan waktu di sini jika Anda bepergian keliling Jawa.

Salah satu alasan utama untuk datang ke Surabaya adalah kesempatan untuk melihat sepotong asli kehidupan kota di Indonesia jauh dari pusat wisata utama dan Anda juga dapat menghabiskan waktu untuk makan jalan-jalan di sekitar kota yang terkenal dengan masakan khas asli Surabaya. hidangan seperti sup pedas dan kari.

Surabaya juga merupakan pelabuhan dan dengan pemikiran tersebut Anda dapat menikmati pemandangan melintasi perairan dan juga menikmati berjalan-jalan di sepanjang tepi pantai di mana Anda dapat melihat ke seberang ke jembatan terkenal yang menghubungkan kota dengan tetangga Madura. Secara keseluruhan, Surabaya memang terkenal sebagai destinasi wisata di pasar domestik, namun sayangnya pasar internasional masih belum bisa mengejar meski dengan segudang pesona kota ini.

Mari jelajahi 25 tempat yang harus anda kunjungi saat berada di Surabaya Surabaya :

1. Mengunjungi Pabrik Rokok House of Sampoerna

Pabrik Rokok House Of Sampoerna

Sumber: flickr

Pabrik Rokok House Of Sampoerna

Salah satu daya tarik utama di Surabaya adalah Pabrik Rokok House of Sampoerna yang merupakan keliru karena ada pabrik di sini serta museum yang berdekatan dan kedai kopi kecil yang menawan.

Sampoerna adalah merek rokok terkenal di Indonesia yaitu kretek yang terbuat dari campuran cengkeh.

Di pabrik Anda dapat mempelajari sejarah merek termasuk bagaimana rokok dibuat dan latar belakang bagaimana cengkeh dikatakan memiliki sifat obat di Indonesia.

2. Tour Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam

Sumber: flickr

Monumen Kapal Selam

Anda mungkin tidak membayangkan bahwa Anda akan menemukan kapal selam Rusia di Surabaya tetapi inilah yang sebenarnya dipamerkan di Monumen Kapal Selam.

Kapal selam tersebut digunakan oleh angkatan laut Indonesia hingga akhirnya dinonaktifkan pada tahun 1990 dan kemudian dijadikan museum di kota tersebut.

Dengan demikian, Anda sekarang dapat naik ke atas kapal dan menjelajahi kapal selam yang berada di pelabuhan yang lebih luas dan merupakan cara yang bagus untuk mempelajari beberapa sejarah angkatan laut Indonesia.

3. Jalan-jalan di sekitar Chinatown

Surabaya Chinatown

Sumber: flickr

Surabaya Chinatown

Kota-kota di Indonesia seringkali sulit dinavigasi dengan berjalan kaki, jadi jika Anda mendapat kesempatan pastikan untuk pergi ke daerah Pecinan Surabaya yang cocok untuk jalan-jalan sore.

Bagian Surabaya ini mendapatkan namanya berkat masuknya restoran dan toko milik Tionghoa di daerah tersebut dan Anda masih dapat menemukan kekayaan arsitektur lokal di sini yang mengarah ke jalan utama yang disebut Jalan Karet.

4. Berwisata ke Gunung Bromo

Gunung Bromo

Sumber: Shutterstock

Gunung Bromo

Salah satu daya tarik utama Jawa Timur adalah Gunung Bromo yang merupakan gunung berapi yang secara teknis masih aktif.

Gunung yang membara terletak di Taman Nasional Bromo Tengger yang lebih luas dan salah satu cara termudah untuk sampai ke sini adalah dengan mengikuti Wisata Tengah Malam Bromo yang terkenal yang berangkat dari Surabaya.

Seperti namanya Anda akan berangkat sekitar tengah malam untuk sampai ke gunung berapi pada dini hari di mana Anda bisa menyaksikan matahari terbit yang megah di atas bibir kawah.

Tentunya jika Anda mengunjungi Surabaya maka ini adalah perjalanan satu hari yang tidak boleh Anda lewatkan dan bagi banyak orang merupakan puncak dari perjalanan ke Jawa.

5. Makan di G-Walk

G-Walk

Sumber: dailyhotel.com

G-Walk

G-Walk adalah bagian dari CitraLand di barat Surabaya dan ini adalah tempat untuk datang jika Anda ingin mencoba beberapa makanan terbaik di kota.

Ada banyak sekali warung makan di sini serta pasar malam dan ada juga restoran kelas atas yang mengapit salah satu sisi jalan setapak.

Kawanan pemuda Surabaya di sini adalah tempat yang bagus jika Anda ingin orang-orang menonton dan mencicipi beberapa makanan lokal pada saat bersamaan.

6. Minum teh sore di Hotel Majapahit

Majapahit Hotel

Sumber: agoda.com

Majapahit Hotel

Hotel Majapahit adalah salah satu landmark tua paling terkenal di Surabaya dan dibangun pada tahun 1910. Hotel ini dibangun dengan gaya kolonial dan dikelilingi oleh taman-taman subur yang menakjubkan dan Anda dapat datang ke sini untuk minum dalam suasana dunia lama dan menikmati klasik acara minum teh yang menyajikan sandwich kecil, kue, dan makanan kecil lainnya.

Teh disajikan mulai pukul 12.00 hingga 18.00 dan ini adalah salah satu pengalaman bersantap kelas atas terbaik di Surabaya.

7. Jalan-jalan di Taman Bungkul

Taman Bungkul

Sumber: flickr

Taman Bungkul

Jika Anda ingin menikmati beberapa pemandangan di Surabaya maka pergilah ke Taman Bungkul yang merupakan salah satu dari sedikit tempat hijau di kota.

Taman ini adalah kelegaan dari kemacetan lalu lintas dan hiruk pikuk yang ditemukan di tempat lain di kota ini dan Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati flora dan fauna setempat.

Namun perlu dicatat bahwa itu menjadi cukup sibuk di malam hari ketika pasangan asmara berkeliaran jadi pergilah di sore hari jika Anda ingin mengalahkan orang banyak.

8. Kunjungi Jembatan Nasional Suramadu

Suramadu National Bridge

Sumber: Shutterstock

Suramadu National Bridge

Jembatan Nasional Suramadu adalah salah satu yang terpanjang di belahan dunia ini dan membentang antara Surabaya dan pulau tetangga Madura.

Jika Anda berjalan di sepanjang tepi pantai di kota Anda dapat menikmati keagungan jembatan dan salah satu waktu terbaik untuk datang ke sini adalah saat malam hari ketika jembatan diterangi dengan berbagai lampu warna-warni.

9. Mengunjungi Monumen Nasional Surabaya

Monumen Nasional Surabaya

Sumber: Shutterstock

Monumen Nasional Surabaya

Kunjungan ke Surabaya belum lengkap tanpa mengunjungi Monumen Nasional Surabaya.

Nama Surabaya berasal dari dua kata Sansekerta kuno, yaitu ‘sura’ yang berarti ikan paus dan ‘baya’ yang berarti buaya.

Kedua hewan ini dikatakan mewakili perbedaan antara perang dan perdamaian dan di monumen nasional Anda akan menemukan dua patung hewan yang menjadi motif nasional kota tersebut.

Cerita berlanjut bahwa kota ini didirikan setelah pertempuran epik antara buaya dan paus dan Anda akan menemukan gaung lebih lanjut dari motif pertempuran ini di tempat lain di seluruh Surabaya.

10. Ikuti tur bus keliling kota

Tur bus

Jika Anda mengunjungi Pabrik Rokok House of Sampoerna, pastikan untuk memanfaatkan atraksi utama lainnya dalam bentuk tur bus gratis.

Bus berangkat dari pabrik pada jam 9 pagi setiap hari kecuali hari Senin dan akan membawa Anda berkeliling kota dan menunjukkan semua pemandangan utama secara gratis.

Jika Anda hanya singgah di Surabaya dan tidak punya banyak waktu untuk keluar dan menjelajahi kota maka ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengunjungi semuanya dengan cepat.

11. Mencoba makanan di Pasar Atum

Pasar Atum Mall

Sumber: flickr

Pasar Atum Mall

Salah satu alasan utama orang datang ke Surabaya, khususnya wisatawan domestik, adalah untuk mencoba makanan yang enak.

Daerah utama kota untuk mencoba beberapa kuliner yang membuat Surabaya terkenal adalah Pasar Atum dan salah satu restoran yang menonjol adalah Restoran Kartiko yang terkenal dengan makanan tradisionalnya.

Makanan di sini murah dan menawarkan Anda rasa cepat dari beberapa rasa terbaik di kota seperti kari yang menggugah selera dan berbagai camilan manis dan gurih.

12. Kunjungi Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo

Sumber: flickr

Masjid Cheng Hoo

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa Surabaya memiliki penduduk Tionghoa yang besar yang awalnya datang ke sini sebagai pedagang dan kemudian menetap di daerah tersebut.

Alhasil, Masjid Cheng Hoo menjadi salah satu situs keagamaan utama bagi orang Indonesia Tionghoa di Surabaya yang masuk Islam tetapi masih mempertahankan banyak warisan mereka, dan ini adalah tempat teratas untuk dikunjungi jika Anda ingin melihat beberapa budayanya secara langsung. .

Pastikan untuk melihat dekorasi merah, kuning, dan hijau yang cerah di seluruh masjid serta pagoda tradisional yang merupakan perpaduan ukiran naga dan singa.

13. Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo

Sumber: wikipedia

Stadion Gelora Bung Tomo

Orang Indonesia menyukai sepak bola dan tidak lebih dari di Surabaya yang merupakan markas dari Persebaya Football Club.

Klub bermain di Stadion Gelora Bung Tomo yang dapat menampung hingga 50.000 penonton pada satu waktu dan jika Anda ingin melihat salah satu acara olahraga paling menarik di kota, pastikan untuk menonton pertandingan saat Anda berada di kota.

14. Nikmati semangkuk sup di Rawon Setan

Rawon Setan

Sumber: ksmtour.com

Rawon Setan

Rawon Setan mungkin adalah salah satu hidangan paling terkenal di Surabaya dan pada dasarnya adalah sejenis sup yang sangat pedas yang tidak pingsan.

‘Setan’ secara harfiah berarti ‘Setan’ dalam bahasa Indonesia yang memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang tingkat bumbu yang digunakan di sini, tetapi restoran ini sangat populer sehingga buka 24 jam sehari.

15. Pergi untuk pelayaran pelabuhan

Artama III

Sumber: bangjotours.com

Artama III

Surabaya adalah pelabuhan dan tidak ada cara yang lebih baik untuk menikmati kota selain keluar dari air dan berlayar di sekitar daerah tersebut.

Salah satu kapal pesiar terbaik ada di atas Artama III yang memakan waktu sekitar dua jam untuk berkeliling pelabuhan dan Anda akan berlari sepanjang tepi pantai dan bahkan melewati Jembatan Suramadu yang ikonik.

Anda hanya dapat naik kapal pesiar pada hari Minggu jam 9 pagi, tetapi jika Anda berada di kota pada waktu yang tepat maka hal ini tidak boleh dilewatkan.

16. Visit Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung

Sumber: flickr

Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung adalah kelenteng Tionghoa terkenal di kota yang menjadi tempat ziarah oleh mereka yang menganut kepercayaan Tridharma, Jika Anda ingin melihat sisi lain dari keragaman agama kota maka ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi dan Pura ini terletak di posisi strategis menghadap ke air dan Anda akan menemukan dupa aromatik dan lilin merah menyala di seluruh candi dan halaman yang berdekatan.

17. Nikmati kehidupan malam

Dunia malam

Sumber: flickr

Dunia malam

Surabaya, seperti yang Anda bayangkan sebagai kota besar, memiliki kehidupan malam yang menarik dan Anda tidak akan kekurangan hal yang harus dilakukan di malam hari.

Selain restoran, banyak di antaranya buka 24 jam, Anda juga akan menemukan bar dan klub malam seperti Our Bar atau Colours Pub and Restaurant.

Cara terbaik untuk menemukan tempat keluar malam adalah dengan bertanya kepada penduduk setempat atau menghabiskan waktu menjelajahi kota untuk mencari makanan dan melihat tempat-tempat yang terlihat ramai.

18. Bermain air di Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark

Jika Anda ingin mendinginkan diri di Surabaya maka pertimbangkanlah perjalanan ke Taman Air Ciputra yang merupakan tempat yang tepat untuk bersenang-senang, terutama jika Anda bepergian dengan anak-anak.

Taman ini merupakan bagian dari kompleks hiburan CitraLand yang lebih luas dan Anda dapat menikmati atraksi seperti kolam ombak, seluncuran, dan area bermain yang lebih kecil untuk anak-anak.

Taman ini buka hingga jam 8 malam setiap hari dan menjadi sangat sibuk di sekitar akhir pekan jadi pastikan untuk membuat rencana yang sesuai.

19. Mengunjungi Grahadi

Grahadi

Sumber: wikipedia

Grahadi

Grahadi adalah rumah Gubernur Jawa Timur dan bangunannya berasal dari masa kolonial.

Terletak dekat dengan Balai Pemuda yang merupakan Balai Pemuda dan juga bangunan bersejarah di Surabaya dengan sendirinya dan Anda dapat menyaksikan pertunjukan tari tradisional yang disebut ‘Tari Reog’ di sini setiap hari Minggu pukul 8.30 pagi.

20. Check out Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya

Sumber: Shutterstock

Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya adalah kompleks masjid besar yang patut dikunjungi karena pemandangannya sendiri.

Masjid ini sebenarnya memiliki menaranya sendiri yang memiliki lift internal dan Anda dapat naik hingga ke puncak menara yang berada di ketinggian 65 meter di atas kota.

Seperti yang Anda bayangkan, pemandangan di sini spektakuler dan Anda juga dapat melihat arsitektur Islami yang indah pada saat yang bersamaan.

Non-Muslim dipersilakan untuk mengunjungi masjid asalkan mereka berpakaian sopan.

21. Lakukan permainan golf

Golf Surabaya

Sumber: ciputragolf.com

Golf Surabaya

Banyak pengunjung Surabaya mungkin terkejut mengetahui bahwa ini adalah kota yang terobsesi dengan golf.

Untuk itu ada banyak sekali lapangan yang bisa dinikmati di sini termasuk Bukit Darmo Golf yang memiliki 18 hole dan green yang dirancang oleh Jack Nicklaus II. Alternatif lain termasuk Yani Golf yang merupakan peninggalan bersejarah karena lapangan ini dibangun di atas bukit dan juga merupakan pemandangan ruang bawah tanah Gubernur terakhir Belanda di Surabaya.

22. Have dinner at Ayam Penyet Bu Kris

Ayam Penyet Bu Kris

Sumber: burpple.com

Ayam Penyet Bu Kris

Surabaya terkenal dengan ayam penyetnya yang merupakan masakan ayam goreng yang ditumbuk sebelum dimasak hingga sangat empuk.

Ayam di Ayam Penyet Bu Kris sangat terkenal di kota ini dan dilengkapi dengan sambal sambal tradisional yang dihancurkan dengan bawang putih.

Salah satu hal yang baik tentang warung ini adalah Anda dapat menyesuaikan saus dan memilih versi yang kurang pedas jika Anda lebih suka sedikit panas.

23. Belilah beberapa suvenir di Roode Brug Soerabaia

Jembatan Merah

Sumber: indischhistorisch.nl

Jembatan Merah

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh di Surabaya maka Anda harus pergi ke Roode Brug Soerabaia yang berada di Jalan Pucang Anom Timur.

Di sini Anda akan menemukan berbagai memorabilia retro seperti kaos vintage, helm tentara Jepang dan Inggris kuno, bahkan model miniatur kapal selam Rusia terkenal di Surabaya.

Toko ini seperti toko barang antik yang dicampur dengan museum dan mereka juga melakukan tur warisan budaya di sekitar kota.

24. Pergi berbelanja di Galaxy Mall

Surabaya Galaxy Mall

Sumber: wikimedia

Surabaya Galaxy Mall

Penduduk setempat di Surabaya suka berbelanja dan ada banyak pusat perbelanjaan di kota ini.

Salah satu yang paling terkenal adalah Galaxy Mall yang memiliki lebih dari 400 toko berbeda serta bioskop dan supermarket.

Salah satu alasan besar lainnya untuk datang ke sini adalah bahwa tidak hanya ada satu tetapi dua food court, yang salah satunya berfokus pada makanan Indonesia yang murah tapi lezat dan yang lainnya didedikasikan untuk restoran kelas atas yang terletak di area mal yang disebut Dining Town.

25. Mengunjungi Pulau Madura

Pulau Madura

Sumber: Shutterstock

Pulau Madura

Pulau Madura berjarak sekitar 4 jam perjalanan dari Surabaya namun sayang jika Anda sedang berada di dalam kota.

Jika Anda berangkat pagi-pagi sekali maka Anda dapat mengunjungi Madura sebagai bagian dari perjalanan sehari dan jika Anda pergi dari bulan Juli hingga Agustus maka Anda akan dapat mengikuti balapan kerbau yang menakjubkan yang membuat pulau ini terkenal.

Perlombaan melihat banteng berlarian di persawahan yang membuatnya seolah-olah sedang meluncur di permukaan lumpur dan ini merupakan salah satu tontonan terunik di Indonesia.

Madura juga sulit untuk dikunjungi sendiri karena lokasinya jadi jika Anda berada di Surabaya maka ada baiknya menyisihkan waktu untuk menjelajah ke pedesaan.

 

jika anda mencari lowongan kerja di kota surabaya, anda bisa mengunjungi halaman beranda website ini. karena kami selalu melakukan update job listing setiap hari

Komentar