Menjelajah Ragam Oleh-Oleh Khas Malang: Destinasi Belanja yang Wajib Dikunjungi


Kota Malang, Jawa Timur, adalah tujuan wisata populer di Indonesia yang dikenal dengan pesona alamnya yang indah, kekayaan budayanya yang kaya, dan tentu saja, oleh-oleh khasnya yang lezat. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi berbagai tempat oleh-oleh yang menggoda di kota ini. Berikut adalah beberapa destinasi belanja yang wajib Anda kunjungi saat berada di Malang.

  1. Pasar Bunga Segar

Pasar Bunga Segar Malang adalah surga bagi pecinta tanaman dan bunga. Anda akan menemukan beragam tanaman hias, bunga segar, serta perlengkapan taman yang lengkap di sini. Jangan lupa untuk membeli beberapa tanaman khas Malang seperti anggrek dan kenari untuk dijadikan oleh-oleh yang cantik.

  1. Pasar Burung Brongkos

Pasar Burung Brongkos adalah tempat yang sempurna untuk pencinta burung. Anda bisa menemukan berbagai jenis burung cantik yang dijual di sini. Selain itu, Anda juga dapat membeli berbagai aksesoris dan perlengkapan untuk burung peliharaan Anda.

  1. Pasar Tumpeng Khas Malang

Pasar Tumpeng Khas Malang adalah surga bagi pecinta makanan tradisional Jawa Timur. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan khas Malang, seperti tumpeng, sate ayam, bakso malang, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk membawa pulang beberapa makanan lezat ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman Anda.

  1. Pusat Kerajinan Batu Malang

Malang juga terkenal dengan kerajinan batu alamnya. Anda bisa mengunjungi pusat kerajinan batu di daerah Batu, Malang, untuk melihat berbagai jenis kerajinan batu seperti patung, perhiasan, dan ornamen taman. Produk-produk ini akan membuat oleh-oleh yang unik dan berkesan.

  1. Oleh-Oleh Apel Malang

Malang dikenal dengan apel-apel berkualitasnya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli apel Malang yang segar dan manis sebagai oleh-oleh. Apel ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari apel segar hingga produk olahan seperti jus, kripik apel, atau selai apel.

  1. Souvenir Khas Batu

Kota Batu, yang berdekatan dengan Malang, memiliki banyak tempat yang menawarkan souvenir khas daerah ini. Anda bisa mencari kerajinan tangan, seperti boneka wayang kulit, kain batik, atau mainan tradisional. Selain itu, Anda juga dapat membeli pernak-pernik unik yang dihiasi dengan motif alam khas Malang.

  1. Oleh-Oleh Khas Malang: Keripik Tempe dan Keripik Jamur

Selain apel, Malang juga dikenal dengan keripik tempe dan keripik jamur yang lezat. Produk-produk ini merupakan oleh-oleh yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Mereka memiliki rasa gurih dan renyah yang tak terlupakan.

  1. Kain Batik Khas Malang

Kain batik adalah salah satu produk seni dan kerajinan yang sangat populer di Malang. Anda dapat menemukan berbagai motif batik khas Malang di berbagai toko kain dan pusat kerajinan. Batik Malang biasanya memiliki warna-warna cerah dan motif bunga yang indah.

Jadi, saat Anda berkunjung ke Malang, pastikan untuk menyempatkan waktu untuk menjelajahi berbagai tempat oleh-oleh yang menawarkan produk khas daerah ini. Oleh-oleh dari Malang tidak hanya akan membawa kenangan indah dari perjalanan Anda, tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk berbagi kekayaan budaya dan rasa khas kota ini dengan orang-orang yang Anda cintai.


Harga oleh-oleh khas Malang bervariasi tergantung pada jenis produk yang Anda pilih dan tempat Anda membelinya. Berikut adalah perkiraan harga untuk beberapa oleh-oleh khas Malang:

  1. Pasar Bunga Segar Malang: Harga tanaman hias dan bunga segar di pasar ini bisa bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung pada jenis dan ukurannya.
  2. Pasar Burung Brongkos: Harga burung peliharaan di sini sangat bervariasi. Burung-burung eksotis mungkin memiliki harga yang lebih tinggi, sementara burung-burung yang lebih umum bisa lebih terjangkau. Aksesoris dan perlengkapan burung juga memiliki harga beragam.
  3. Pasar Tumpeng Khas Malang: Harga makanan khas Malang di pasar ini sangat terjangkau. Misalnya, sepiring tumpeng atau beberapa tusuk sate ayam biasanya dapat dibeli dengan harga antara 10.000 hingga 50.000 rupiah, tergantung pada tempat dan porsi.
  4. Pusat Kerajinan Batu Malang: Harga produk kerajinan batu dapat bervariasi tergantung pada jenis batu dan ukuran produk. Patung batu yang lebih besar dapat memiliki harga yang lebih tinggi, sementara perhiasan batu atau ornamen taman mungkin lebih terjangkau.
  5. Oleh-Oleh Apel Malang: Harga apel Malang bervariasi sesuai dengan jenis dan kualitasnya. Anda dapat membeli beberapa apel segar dengan harga sekitar 10.000 hingga 30.000 rupiah per kilogram. Produk olahan seperti jus atau kripik apel mungkin memiliki harga yang berbeda.
  6. Souvenir Khas Batu: Harga souvenir bergantung pada jenis barang yang Anda beli. Boneka wayang kulit, kain batik, atau mainan tradisional biasanya memiliki rentang harga yang luas, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.
  7. Oleh-Oleh Khas Malang: Keripik Tempe dan Keripik Jamur: Harga keripik tempe dan keripik jamur dapat bervariasi tergantung pada merek dan kualitas. Mereka biasanya dijual dalam kemasan yang berbeda, mulai dari beberapa ribu hingga puluhan ribu rupiah per bungkus.
  8. Kain Batik Khas Malang: Harga kain batik dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis kain, motif, dan kualitasnya. Kain batik biasanya dijual per meter, dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per meter.

Selalu ingat bahwa harga dapat bervariasi dari satu tempat oleh-oleh ke tempat lain, jadi bijaklah dalam membandingkan harga dan menawar jika diperlukan. Pastikan untuk mengecek kualitas produk sebelum membeli dan pastikan produk oleh-oleh tersebut sesuai dengan anggaran Anda.

Lokasi oleh-oleh khas Malang tersebar di berbagai wilayah di sekitar Malang dan Batu. Berikut adalah beberapa tempat terkenal di Malang dan sekitarnya di mana Anda dapat menemukan oleh-oleh khas:

  1. Pasar Bunga Segar Malang: Terletak di pusat Kota Malang, dekat dengan Alun-Alun Malang, pasar ini mudah diakses. Anda dapat mengunjungi Pasar Bunga Segar setiap hari, tetapi waktu terbaik adalah pagi hari ketika penawaran bunga segar yang lebih besar tersedia.
  2. Pasar Burung Brongkos: Pasar ini terletak di Jalan Pahlawan No. 52, Malang. Pasar ini juga dapat diakses dengan mudah dari pusat kota. Anda bisa berkunjung ke pasar ini setiap hari, tetapi aktivitas perdagangan burung biasanya paling ramai pada hari Minggu.
  3. Pasar Tumpeng Khas Malang: Pasar ini berlokasi di berbagai tempat di Malang. Salah satu tempat yang terkenal adalah Pasar Pujasera Malang, yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 2, Malang. Pasar Tumpeng adalah tempat yang sempurna untuk mencari oleh-oleh khas kuliner Malang.
  4. Pusat Kerajinan Batu Malang: Kota Batu, yang berdekatan dengan Malang, adalah pusat kerajinan batu alam. Banyak toko dan galeri kerajinan batu terletak di sekitar Kota Batu, seperti di Jalan Sultan Agung. Anda juga dapat menemukan banyak penjual di sepanjang jalan menuju tempat wisata alam seperti Jawa Timur Park 1 dan 2.
  5. Oleh-Oleh Apel Malang: Apel Malang dapat ditemukan di berbagai pasar tradisional, supermarket, dan toko oleh-oleh di Malang. Pusat oleh-oleh seperti Toko Oleh-Oleh Apel Malang yang terletak di Jalan Basuki Rahmat No. 8A, Malang, adalah tempat yang bagus untuk membeli apel serta produk olahan apel.
  6. Souvenir Khas Batu: Batu adalah kota yang terletak sekitar 20-30 menit dari Malang. Anda dapat menemukan banyak toko suvenir dan pusat oleh-oleh di sekitar pusat kota Batu, terutama di sepanjang Jalan Sultan Agung dan sekitarnya.
  7. Oleh-Oleh Khas Malang: Keripik Tempe dan Keripik Jamur: Keripik tempe dan keripik jamur Malang dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Malang dan Batu. Beberapa penjual mungkin memiliki gerai di sepanjang jalan-jalan utama di kota-kota ini.
  8. Kain Batik Khas Malang: Anda dapat menemukan kain batik khas Malang di toko-toko kain dan pasar tradisional di Malang. Beberapa kain batik yang terkenal adalah Batik Pamekasan dan Batik Gedog Tuban, yang dapat Anda temukan di toko oleh-oleh khas Malang.

Pastikan untuk menjelajahi berbagai lokasi ini dan menjadwalkan waktu belanja oleh-oleh selama perjalanan Anda ke Malang. Jika Anda memiliki preferensi tertentu untuk jenis oleh-oleh yang Anda cari, pastikan untuk bertanya kepada penduduk lokal atau pandu wisata untuk rekomendasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan