Menjadi agen gas LPG memang banyak mendatangkan keuntungan. Selain laba yang didapat dari setiap tabung gas lumayan menguntungkan, juga karena setiap masyarakat memang membutuhkan gas LPG. Dengan kata lain, bisnis ini tak akan pernah mati. Namun bagaimana cara daftar jadi agen gas LPG di Surabaya ? mungkin artikel ini bisa membantu anda.. 

Jenis-Jenis Usaha Gas LPG

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa ada beberapa jenis gas LPG yang ada di pasaran. Diantaranya gas LPG  bersubsidi dengan ukuran 3 kg, LPG ukuran 12 kg, bright gas yang berukuran 5,5 kg dan 12 kg, serta gas Ease.

Untuk gas Ease ini diperuntukkan untuk SPBU, mall,dan mini market modern. Ukuran dari gas Ease ini terdiri dari 9 kg, 12 kg dan 14 kg. Harganya sekitar 95 ribu hingga 148 ribu per tabung. Tergantung ukuran dan berat gas dalam setiap tabung.

Selain jenis dan ukuran gas LPG, ternyata dalam menjual gas LPG ini dibedakan dalam beberapa kelompok usaha. Diantaranya :

1. Pengecer

Yang dinamakan pengecer adalah toko ataupun perorangan yang menjual gas elpiji langsung ke tangan konsumen. Pengecer ini mendapatkan pasokan gas LPG langsung dari pangkalan ataupun agen gas LPG. Keuntungan menjadi pengecer yaitu tidak ada persyaratan khusus yang terlebih dahulu harus dipenuhi, seperti halnya pada pangkalan ataupun agen. Serta modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

2. Pangkalan

Pangkalan gas LPG atau dikenal dengan sub agen yaitu badan usaha yang bertugas untuk menyalurkan gas LPG yang berasal dari agen. Yang disalurkan ke pengecer maupun toko-toko kecil lainnya. Selain harus mempunyai modal yang lumayan besar, syarat lainnya untuk menjadi pangkalan gas LPG adalah badan usaha tersebut haruslah berbadan hukum.

3. Agen Gas LPG

Cara lain untuk menjual gas LPG dengan keuntungan yang besar tentu saja dengan menjadi agen gas LPG. Namun tentu saja, syarat menjadi agen ini tidaklah mudah. Selain memerlukan modal yang besar juga penjualan yang dilakukan haruslah mencapai 1 ton gas LPG dalam setiap harinya.

Bagaimana Cara Daftar Jadi Agen Gas LPG Di Surabaya ?

Bagi warga Surabaya, yang sebelumnya menjadi pangkalan gas LPG, namun berkeinginan menjadi agen gas LPG. Anda bisa mendaftar menjadi agen gas LPG dengan cara-cara seperti dibawah ini. Diantaranya :

1. Melengkapi Persyaratan

Cara daftar jadi agen gas LPG di Surabaya yang pertama yaitu dengan melengkapi persyaratan. Dalam beberapa kasus, pelaku usaha akan langsung melakukan pendaftaran menjadi agen gas LPG, tanpa mengetahui apa saja persyaratan yang harus mereka penuhi terlebih dahulu.

Jika keadaannya seperti itu, tentu saja, pelaku usaha tersebut akan disuruh kembali lagi di lain waktu. Tentunya jika persyaratan menjadi agen gas LPG tersebut sudah dipenuhi. Apa saja persyaratannya ? berikut rinciannya,

  • Badan usaha haruslah berbadan hukum, baik itu berbentuk PT ataupun koperasi. Namun jika sebelumnya usaha anda merupakan pangkalan gas LPG, maka itu akan lebih mudah. Karena hal itu juga menjadi syarat mendirikan pangkalan gas LPG.
  • Tempat usaha yang akan digunakan memiliki gas detector, listrik exflotion proof, gudang setinggi truk pengangkut gas LPG, jarak penyimpanan tabung pada tembok gudang minimal 3cm, dan penumpukan tabung maksimal dengan ketentuan 4 tumpuk tabung isi, serta 5 tumpuk tabung kosong.
  • Harus mempunyai sedikitnya 1 unit truk untuk pendistribusian gas LPG.
  • Tempat usaha haruslah disertai Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Baik itu yang disimpan di outlet, gudang serta kendaraan operasional.
  • Terdapat rambu-rambu petunjuk. Diantaranya petunjuk larangan merokok, peringatan gas mudah terbakar dan juga larangan untuk tidak membanting tabung.
  • Memiliki kartu identitas. Kartu identitas ini harus dimiliki oleh setiap karyawan, yang disertai dengan seragam yang disertai logo LPG, nama usaha serta nama petugas/karyawan.
  • Adanya papan nama pada tempat usaha.
  • Memiliki perangkat IT. Diantaranya telpon, komputer/lap top, printer dan juga sambungan internet. Dan tak lupa alamat email yang bisa dihubungi.

2. Mendaftarkan Diri

Setelah persyaratan yang diperlukan sudah terpenuhi, maka cara daftar jadi agen gas LPG di Surabaya yaitu dengan mendaftar via online. Anda bisa mengunjungi situs:

 http://www.pertamina.com

atau

 https://kemitraan.pertamina.com

Disana ada ketentuan mengenai pendaftaran untuk SPBU, SPBE, agen gas LPG serta bengkel pemeliharaan tabung gas LPG. Maka pilihlah menu agen gas LPG.

Jika memang belum memahami mengenai pendaftaran via online ini, anda bisa mendatangi kantor marketing Pertamina untuk wilayah Surabaya. Alamatnya yaitu di jalan Wonokromo no 88, kota Surabaya. Ataupun bisa menghubungi nomor (031) 8492400. Dalam pendaftaran ini, anda akan diminta mengisi alamat email serta nomor yang bisa dihubungi. Gunanya agar memudahkan dalam pemberitahuan seleksi nantinya.

3. Menentukan Jenis Tabung LPG Yang Akan Dijual

Dalam pemasaran gas LPG, dikenal adanya agen LPG PSO dan non PSO. Yang dimaksud PSO, adalah agen yang khusus melakukan pendistribusian dan pemasaran tabung gas LPG ukuran 3 kg saja. Sementara agen gas LPG non PSO yaitu agen yang melakukan penjualan gas LPG non subsidi. Misalnya bright gas dan juga gas Ease. 

Namun, khusus untuk agen PSO, jumlah kuota tabung gas yang diterima, ditetapkan oleh pemerintah. Nah, menentukan agen PSO dan non PSO ini, merupakan salah satu cara daftar jadi agen gas LPG di Surabaya. Karena proses pendaftaran tidak bisa berjalan, jika pelaku usaha belum menentukan hal ini.

4. Menyiapkan Dokumen Yang Diperlukan

Cara daftar jadi agen gas LPG di Surabaya selanjutnya yaitu dengan menyiapkan berkas dokumen yang diperlukan. Dokumen  yang dimaksud diantaranya :

  • Fotokopi KTP, ataupun scan jika melakukan pendaftaran online.
  • NPWP badan usaha.
  • Akta pendirian badan usaha.
  • Bukti penguasaan lahan. Diantaranya sertifikat tanah, sertifikat jual beli/hak guna bangunan /girik. Jika status tempat usaha adalah sewa, maka harus disertakan bukti sewa tempat.
  • Bukti saldo rekening, baik pribadi maupun perusahaan.
  • Bukti adanya kerjasama perusahaan dengan Pertamina sebelumnya. Misalnya bukti kerjasama sebagai pangkalan gas LPG.
  • Izin mendirikan bangunan.
  • Daftar jumlah karyawan, serta
  • Laporan keuangan badan usaha.

4. Menunggu Proses Verifikasi

Setelah pendaftaran telah dilakukan, berikut dokumen-dokumen yang diminta telah diberikan, maka cara daftar jadi agen gas LPG di Surabaya selanjutnya yaitu menunggu proses verifikasi. Lamanya sekitar 4 hari dari sejak pendaftaran online dan penyerahan dokumen. Hasil dari verifikasi awal ini akan anda terima melalui email maupun sms. 

5. Menunggu Tim Survey Untuk Proses Seleksi

Setelah lolos dalam verifikasi awal, maka cara daftar jadi agen gas LPG di Surabaya selanjutnya yaitu menunggu tim survey untuk proses seleksi. Tim survey ini akan mencocokkan data pada dokumen yang diserahkan dengan keadaan di lapangan.

6. Menunggu Hasil Seleksi

Lama proses seleksi berlangsung hingga 2 bulan, dari sejak verifikasi awal. Hasilnya bisa anda dapatkan melalui email maupun sms. Nah, jika anda lolos dalam tahap seleksi ini, maka dapat dipastikan anda telah diterima sebagai agen gas LPG. Cara selanjutnya yaitu tinggal menunggu datangnya surat pemberitahuan secara tertulis dari Pertamina. Berikut ketentuan yang harus anda lakukan sebagai agen gas LPG.

Itu dia informasi mengenai cara daftar agen gas LPG di Surabaya. Sebelum mendaftar menjadi agen gas LPG ini, ada baiknya anda mempelajari cara-cara tersebut di atas, setidaknya agar anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya, sebelum proses pendaftaran dilakukan.  Sehingga proses seleksi bisa berlangsung dengan cepat dan mudah. 

 

Komentar