Memahami Berbagai Cara Berinvestasi dalam Bitcoin

Bitcoin dirancang dengan tujuan menjadi mata uang internasional untuk menggantikan mata uang yang dikeluarkan pemerintah (fiat). Sejak dimulainya Bitcoin pada tahun 2009, Bitcoin telah berubah menjadi aset investasi yang sangat tidak stabil yang dapat digunakan untuk transaksi di mana pedagang menerimanya.

 

Bisakah Anda dan haruskah Anda berinvestasi dalam Bitcoin? Anda bisa, dan itu tergantung pada selera Anda akan risiko. Pelajari berbagai jenis cara Anda dapat berinvestasi dalam Bitcoin, strategi yang dapat Anda gunakan dan bahaya yang terlibat dalam cryptocurrency ini .

 

Jenis Investasi

Selama dekade terakhir, berbagai cara untuk berinvestasi dalam Bitcoin telah bermunculan, termasuk trust Bitcoin dan ETF yang terdiri dari perusahaan terkait Bitcoin.

 

Membeli Bitcoin Mandiri

Cara pertama Anda dapat berinvestasi dalam Bitcoin adalah dengan membeli koin atau sebagian kecil dari koin melalui aplikasi perdagangan seperti Coinbase. Dalam kebanyakan kasus, Anda harus memberikan informasi pribadi untuk membuat akun, lalu menyetor uang yang akan Anda gunakan untuk membeli bitcoin.

 

Beberapa platform mungkin memerlukan jumlah setoran minimum untuk membeli bitcoin.

 

Kemudian, seperti halnya saham atau ETF, Anda memiliki akses ke kinerja harga Bitcoin dan opsi untuk membeli atau menjual. Saat Anda membeli, pembelian Anda disimpan dengan aman di dompet terenkripsi yang hanya Anda miliki aksesnya. 1

 

Kepercayaan Investasi Bitcoin Greyscale (GBTC)

Investor yang ingin berinvestasi dalam Bitcoin melalui pasar modal dapat mengakses investasi melalui Greyscale’s Bitcoin Investment Trust (GBTC). 2 Menggunakan Greyscale memberikan keuntungan tertentu yang membuat investasi di bitcoin menjadi opsi yang lebih mudah dicerna. Pertama, saham GBTC memenuhi syarat untuk dimiliki di IRA tertentu, Roth IRA, dan akun broker dan investor lainnya — memungkinkan akses mudah untuk semua level investor di berbagai akun. 3

 

 

Investor diberikan produk yang melacak nilai sepersepuluh bitcoin. Sebagai contoh, jika nilai Bitcoin adalah $ 1.000, setiap saham GBTC harus memiliki nilai aset bersih $ 100. Nilai ini bukannya tanpa biaya, karena GBTC mempertahankan biaya 2% yang memengaruhi nilai yang mendasarinya. 4

 

Pada kenyataannya, investor membayar untuk keamanan, kemudahan penggunaan, dan likuiditas (konversi menjadi uang tunai). Dengan mengatur mekanisme penyimpanan offline yang kuat , GBTC memungkinkan investor yang kurang teknis untuk mengakses pasar bitcoin dengan aman.

 

 

GBTC juga berdagang di pasar modal, yang memungkinkannya berdagang dengan harga premium atau diskon dari nilai aset bersih (NAV).

 

Perkuat ETF Berbagi Data Transformasional (BLOK)

BLOK adalah dana yang dikelola secara aktif yang memiliki kepemilikan di 15 industri berbeda dan diperdagangkan di Arca Bursa Efek New York. Perusahaan berinvestasi di perusahaan lain yang terlibat dan mengembangkan teknologi blockchain. Rasio biaya bersih BLOK adalah 0,70%. 5

 

Dana Indeks Pribadi Bitwise 10

Bitwise 10 Private Index Fund didasarkan pada Bitwise 10 Large Cap Crypto Index, sekeranjang koin berkapasitas besar di mana perusahaan mencoba memberikan keamanan dan kemudahan penggunaan ETF tradisional.

 

Bitwise 10 Private membutuhkan investasi minimum $ 25.000 dan memiliki rasio biaya 2,5%. Mirip dengan GBTC, aset disimpan dalam penyimpanan dingin (offline), memberikan keamanan yang diperlukan bagi investornya. 6 7

 

Strategi Investasi

Beli dan ‘Hodl’ Bitcoin

Hodl (kesalahan ejaan yang disengaja untuk menahan) adalah istilah yang digunakan dalam komunitas investasi bitcoin untuk memegang bitcoin — ini juga telah berubah menjadi backronym (di mana akronim dibuat dari kata yang ada) —itu berarti “bertahan seumur hidup.” Seorang investor yang memegang Bitcoin mereka adalah “penjaja,” atau “penjaja.”

 

Banyak orang berinvestasi dalam Bitcoin hanya dengan membeli dan menyimpan cryptocurrency. Mereka adalah orang-orang yang percaya pada kemakmuran jangka panjang Bitcoin, dan mereka melihat volatilitas dalam jangka pendek hanya sebagai blip dalam perjalanan panjang menuju nilai tinggi.

 

Posisi Panjang di Bitcoin

Beberapa investor menginginkan pengembalian yang lebih cepat dengan membeli Bitcoin dan menjualnya di akhir kenaikan harga. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, termasuk mengandalkan volatilitas cryptocurrency untuk tingkat pengembalian yang tinggi, jika pasar bergerak sesuai keinginan Anda. Beberapa situs perdagangan bitcoin juga sekarang ada yang menyediakan perdagangan dengan leverage, di mana situs perdagangan tersebut secara efektif meminjamkan uang kepada Anda dengan harapan dapat meningkatkan laba Anda.

 

Posisi Pendek di Bitcoin

Beberapa investor mungkin bertaruh pada penurunan nilai Bitcoin, terutama selama gelembung Bitcoin (kenaikan harga yang cepat diikuti dengan penurunan harga yang cepat). Investor menjual bitcoin mereka pada harga tertentu, lalu mencoba membelinya kembali dengan harga yang lebih rendah.

 

Misalnya, jika Anda membeli bitcoin senilai $ 100, Anda akan menjualnya seharga $ 100, lalu menunggu bitcoin tersebut turun nilainya. Dengan asumsi pembeli bitcoin itu ingin menjual, Anda dapat membelinya kembali dengan harga lebih rendah. Anda mendapat untung dari selisih antara harga jual Anda dan harga beli yang lebih rendah.

 

Sulit untuk menemukan platform short selling, tetapi Chicago Mercantile Exchange saat ini menawarkan opsi untuk Bitcoin berjangka. 8

Selalu ada bahaya bahwa pasar akan bergerak melawan Anda, menyebabkan Anda kehilangan uang yang Anda siapkan. Setiap trader harus memahami konsep leverage dan margin call sebelum mempertimbangkan strategi shorting.

 

Memahami Risiko jika Anda Berinvestasi dalam Bitcoin

Bitcoin Adalah Aset yang Mudah Menguap

Fluktuasi itu bisa dramatis. Pada April 2013, dunia tersentak ketika nilai Bitcoin melonjak dari sekitar $ 40 menjadi $ 140 dalam satu bulan. Namun, peningkatan itu tidak seberapa jika dibandingkan dengan lonjakan Bitcoin tahun 2017. Pada bulan Januari, Bitcoin berada di antara $ 900 dan $ 1.000. Pada minggu pertama bulan September, itu mendorong melewati $ 4.700, hanya untuk turun mendekati $ 3.600 dua minggu kemudian. Pada pertengahan Desember, itu melesat ke level tertinggi sepanjang masa di $ 19.891,99, kemudian jatuh ke sekitar $ 6.330 kurang dari dua bulan kemudian. 9

 

Pertukaran Mungkin Memiliki Gangguan dan Peretasan

Pertukaran bisa jadi rumit karena banyak di antaranya terbukti sangat tidak dapat diandalkan — terutama di masa-masa awal Bitcoin. Salah satu pertukaran Bitcoin pertama dan terbesar, Mt. Gox, runtuh setelah diretas — kehilangan 850.000 bitcoin dan ratusan juta dolar. Pada bulan April 2016, kesalahan dalam pertukaran menyebabkan harga Bitcoin untuk sementara turun menjadi $ 0,60 di Coinbase. 9

 

Garis bawah

Kelemahan Bitcoin bukanlah penghalang. Namun, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang Anda lakukan, dan bahwa Anda tidak berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangannya. Ini dianggap sebagai investasi berisiko sangat tinggi, artinya ini harus mewakili sebagian kecil dari portofolio investasi Anda .

 

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Bitcoin, Anda memiliki banyak pilihan. Membeli bitcoin melalui pertukaran membuat Anda mudah berubah, tetapi memilih kepercayaan atau investasi ETF di perusahaan teknologi kripto dapat meminimalkan risiko yang Anda hadapi saat membeli koin.

Komentar